Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Contoh Lagu dari Daerah Lampung

Contoh Lagu dari Daerah Lampung

Lagu dari Daerah Lampung - Setiap lagu pasti memiliki makna dan penjelasan pada tiap-tiap liriknya, begitu pula dengan lagu-lagu dari tempat Lampung berikut ini yang memiliki penjelasan penting yang diisyaratkan untuk masyarakat. Untuk itu kami telah merangkum sebagian lagu dari tempat Lampung beserta penjelasannya.


Lagu tempat yang disajikan kali ini termasuk juga tempat Lampung Selatan yang letaknya berdekatan dan sama – sama di pulau Sumatera.


Pada setiap lagu tradisional Lampung memiliki banyak makna yang sifatnya mendalam . Ada yang menyebutkan seputar kekayaan alam, semangat dan himbauan untuk menjaga kultur. Disebabkan mengandung pesan akhlak, karenanya sangat aneh kalau keberadaan lagu tempat Lampung kian hari kian terancam eksistensinya.  


Lembaga sekolah seharusnya menjadi yang paling depan dalam menjaga seni dan kultur Indonesia, termasuk lagu – lagu yang ada di Lampung secara khusus. Hal ini tentu sangat disayangkan kalau terjadi. Dan benar saja, dikala ini banyak generasi muda yang lebih suka seni dan kultur yang datang dari asing. Bila bisa di cegah, sebaiknya fenomena ini seharusnya seketika di cegah sebelum berdampak negatif dan masif.


Artikel ini adalah lanjutan dari lagu tempat yang lain, seperti lagu tempat Aceh dan lagu tempat Sumatera Utara serta lagu tempat Riau. Sebab banyaknya kesenian Indonesia, karenanya kami fokuskan untuk membahas satu persatu dan kemudian mempublikasikannya di Komunikasi Daring.


Bagus, seketika saja kita kenali nama – nama lagu tempat Lampung berikut ini:


Berikut adalah 13 Contoh Lagu dari Daerah Lampung


1. Sang Bumi Ghuwai Jughai

Lagu tempat Lampung yang satu ini menyebutkan seputar kondisi alam Lampung dan kekayaannya serta hasil bumi yang melimpah. Dari sebagian sumber diketahui bahwa lagu ini diwujudkan oleh Novan Adi Putra Saliwa.


2. Tepui Tepui

Lagu tempat Lampung ini kalau di artikan kedalam bahasa Indonesia bertajuk Pagi-pagi. Lagu ini berisi semangat bagi masyarakat Lampung untuk bermotivasi bangun dipagi hari dan pergi ke sawah dengan hati yang riang. Lagu ini tak jarang diwujudkan penghibur bagi para petani dikala berada disawah.


3. Cangget Agung

Lagu ini berisi ajakan kepada masyarakat Lampung agar bersama menjaga kekayaan adat dan melestarikannya sampai ke anak cucu. Lagu ciptaan Syaiful Anwar ini tak jarang dinyanyikan dikala ada acara adat, festival kebudayaan ataupun acara pengesahan.


4. Muloh Tungga

Lirik lagu diatas adalah penggalan lagu tempat Lampung yang berjudul Muloh Tungga. Lagu ini termasuk dalam lagu seharusnya tempat dari Lampung.


5. Punyandangan

Lagu ini tak jarang dinyanyikan orang dalam acara resmi ataupun tidak resmi. Lagu ini bercerita seputar seseorang yang merenungi nasib dirinya dan menuangkannya dalam sebuah karya musik berupa lagu tempat.


6. Anak Tupai

Sejatinya lagu ini adalah terinspirasi dari sebuah peribahasa “sepandai-piawai tupai melompat pasti akan jatuh juga”. Padahal lagu ini dari liriknya bercerita seputar tupai namun ada pengarahan dibalik lagu ini.


7. Teluk Lampung

Sesuai dengan judulnya, lagu ini bercerita seputar estetika teluk Lampung yang begitu mengikat hati. Teluk ini memang sangat menawan dipandang mata secara khusus pada petang hari. Lagu ini tak jarang dinyanyikan dikala pesta pernikahan ataupun acara panggung seni dan lain-lain.


8. Mekhanai Toho

Lagu ini lazim dinyanyikan oleh masyarakat Lampung pada dikala acara pesta pernikahan atau pun acara – acara hiburan. Lagu ini bercerita seputar lelaki yang masih sendiri padahal usianya telah dewasa.


9. Puncak Sai Indah

Lagu ini adalah salah satu lagu yang membuktikan estetika alam tempat Lampung. Pada lagu i ni diceritakan betapa menawan dan banyak tempat wisata di tempat Lampung, bagus gunung, Pantai, Teluk dan tempat – tempat lainnya.


10. Putra Saburai

Lagu ini berisi seputar ajakan kepada generai muda Lampung untuk senantiasa menjaga dan memajiukan kebudayaan Lampung agar tidak punah. Selain itu lagu daerah ini juga dapat memberikan penyemangat dan sikap nasionalisme kepada masyarakat Lampung.


11. Sakai Sambayan

Lagu ini bercerita seputar ajakan kepada masyarakat Lampung untuk bekerjasama dan saling tolong menolongdalam kehidupan sosial. Selain itu lagu ini juga tak jarang diwujudkan sebagai pengiring tari kreasi baru dari tempat Lampung. Lagu ini diwujudkan oleh Saleh Gunawan.


12. Sai Ku Egham

Lagu ini berarti rinduku di Lampung. Lagu ini bercerita seputar kerinduan seseorang dengan kampung halamannya dan orang-orang terkasih yang ada disana.


13. Lipang Lipan Dang

Lagu ini berkisah seputar seorang lelaki yang ditinggal kekasihnya. Lagu ini terinspirasi dari sajak puisi lama dan pantun. Ada pesan akhlak dalam lagu ini adalah berhati-hati dalam memilih pasangan.

Posting Komentar untuk "13 Contoh Lagu dari Daerah Lampung"