Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Daftar Web yang Bisa Diakses Tanpa Harus Login Hotspot

Saat menggunakan sistem WiFi Hotspot Mikrotik, para pengguna yang terhubung ke jaringan WiFi Hotspot akan mendapati diri mereka dibatasi aksesnya. Mereka hanya dapat mengakses halaman login hotspot itu sendiri. Setelah berhasil login, barulah mereka diberikan kebebasan untuk menjelajahi berbagai situs web. Namun, muncul pertanyaan menarik, apakah memungkinkan bagi pengguna hotspot yang belum login untuk mengakses situs web tertentu tanpa harus login terlebih dahulu? Jawabannya adalah ya.

Fitur ini telah disediakan dalam Sistem Hotspot Mikrotik dan disebut sebagai "Walled Garden." Dengan Walled Garden, kita dapat melakukan bypass atau melewati proses autentikasi login hotspot yang biasanya diperlukan untuk mengakses situs-situs tertentu.

Apa Itu Walled Garden?

Walled Garden adalah fitur yang memungkinkan administrator jaringan untuk memberikan akses ke situs web tertentu tanpa harus login ke jaringan WiFi Hotspot Mikrotik. Ini sangat bermanfaat dalam berbagai situasi, seperti di tempat-tempat umum yang menyediakan layanan WiFi gratis. Para pengguna bisa dengan mudah mengakses situs web yang diperbolehkan tanpa harus melalui proses login, yang seringkali merepotkan.

Cara Membuat Daftar Web yang Bisa Diakses Tanpa Harus Login Hotspot


1. Masuk ke menu IP --> Hotspot --> Tab Walled Garden --> Tambahkan rule nya --> Isikan Dst Host dengan alamat web yang ingin di bypass --> Pilih Action allow --> OK


2. Kita bisa gunakan simbol wild card pada kolom Dst. Host nya. Misal kita gunakan simbol '*' untuk menggantikan .com. Disini saya lakukan karena blog Mikrotik Indo bisa diakses melalui berbagain macam domain selain .com (misal : .co.id, .au, .de, .mx, dll) Jadi semua karakter setelah . [dot] akan diterima dan di bypass. Sehingga tidak perlu membuat rule satu per satu untuk . [dot] yang lainnya.

3. Selain itu kita juga bisa menambahkan karakter pada Regular Expression (Regex) lainnya pada Walled Garden ini.

4. Setelah itu bisa langsung kita coba akses ke halaman login hotspot nya. Contoh nya saya buat seperti ini : 


5. Maka setelah link web nya di klik maka user akan langsung bisa mengakses web tersebut.


Demikianlah Tutorial Cara Mem-bypass Akses Web pada Halaman Login Hotspot Mikrotik.
Semoga Bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Daftar Web yang Bisa Diakses Tanpa Harus Login Hotspot"