Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Hardware Sebelum Merakit Komputer

Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih peralatan anda sebelum anda benar-benar memutuskan merakit komputer. Pemilihan utamanya harus pada focus berapa biaya yang anda sediakan, hardware apa yang sesuai dengan spesifikasi pekerjaan apa yang anda kerjakan saat ini. Apa anda seorang programmer, seorang designer, arsitek, gammer atau mungkin komputer anda hanya dipakai dalam pekerjaan ketik mengetik dokumen.
Semua orang pasti akan memilih barang yang murah tetapi berkualitas. Tidak mau barang dengan harga tinggi namun kualitas rendah, itu manusiawi. Siapapun akan senang kalau mendapatkan harga murah dan kualitas sangat memuaskan.
Teknologi komputer memang berevolusi sangat cepat, sehingga pemilihan hardware yang akan anda beli nantinya diharapkan tidak terkesan terlalu usang bila sudah dipakai beberapa waktu lamanya. Disinilah anda harus pandai-pandai menyusun strategi untuk mengelabuhi hal ini. 
Sahabat blog Merakit Komputer, dalam tulisan ini saya hanya akan membahas secara umum tips-tips terbaik, namun saya belum berani memberikan tips tentang harga termurah dari kebutuhan perakitan anda nantinya, karena setiap kota dimana anda tinggal tentu ada perbedaan harga yang saya tidak mengetahuinya. Selain itu harga barang sangat fluktuatif.

Tips memilih Processor dalam merakit komputer

Processor merupakan alat yang paling vital pada komputer, karena komponen ini akan menentukan berapa besar kinerja komputer anda nantinya. Anda tidak mau kan kerja anda sedikit terganggu lantaran komputer anda lambat loading? Apalagi kalau anda seorang gammer, sudah pasti perlu processor yang punya performa dan kecepatan tinggi.
Dalam menentukan atau memilih spesifikasi processor tidak hanya melihat kecepatan atau core speed saja. Beberapa yang perlu diperhatikan seperti Inti core processor, teknologi, graphic dan daya tahan. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan antara lain adalah :
  1. Ketahanan. Anda mungkin pengguna komputer dengan sekali pemakain dalam waktu lama, maka anda harus memilih processor yang tahan banting. Nah kalau memang itu yang terjadi, maka anda sebaiknya memilih processor Intel. Tetapi kalau hanya memakai komputer hanya beberapa jam, anda bisa memilih processor AMD. Di pasaran processor AMD harganya lebih rendah dari pada Intel.
  2. Teknologi. Intel punya teknolkogi yang mumpuni, apalagi yang terbaru intel mengeluarkan Intel Haswell generasi ke 4 dengan seri 400 memiliki keunggulan pada graphic. Untuk pesaingnya AMD sudah mengeluarkan AMD Vishera FX.
  3. Kecepatan (Core speed). Untuk melihat kecepatan anda harus melihat besar kecilnya Hz, semakin besar core speed sebuah processor, maka makin bagus kinerjanya. Contohnya processor dengan kecepatan 3,4 Ghz tentunya lebih tinggi dari processor 2 Ghz.
  4. Inti Processor (Core). Lebih dikenal dengan Core, Dual Core maksudnya processor tersebut punya dua inti di dalamnya, sedangkan Quad mempunyai 2 x lipat intinya Contoh Core i3 Dual Core, Core i5 Quad Core dan sebagainya
  5. Chace. Merupakan memori berukuran kecil namun mempunyai kecepatan tinggi. Cache memori ada 3 jenis yaitu L1 cache, L2 cache dan L3 cache. L1 cahe terintegrasi dengan processor yang mana L1 cache letaknya menyatu dengan processor. Untuk L2 ada yang sudah menyatu ada juga yang terpisah. Yang menyatu kebanyakan processor setelah zaman Pentium ke atas. Sedangkan L3 cache belum banyak diimplementasikan meluas ke sumua jenis micro processor. Hanya processor-processor tertentu saja yang memiliki L3 cache.

Tips Memilih Motherboat dalam Merakit Komputer

Dalam memilih matherboard saya akan kelompokkan menjadi 2 patform  utama sebagai dasar merakit komputer. Anda bisa memilih salah satu, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana anda yang tersedia.

  1. Platform Intel. Hadirnya processor generasi baru pasti diikuti dengan platform pendukungnya. Saat ini kurang lebih ada 6 seri chipset dengan fitur dan kemampuan yang beragam, diantaranya seperti H110, B150, Q150, H170, Q170 dan Z170. Bagi anda yang mempunyai dana terbatas, bisa memilih chipset H110 dan B150. Kedua fitur itu memang tidak selengkap Z170, namun mempunyai fitur esensial  motherboard seperti slot memory, slot PCIe x 16 untuk add on video card serta koneksi hardisk SATA dan USB. Jika anda hobby main game, bisa mengalokasikan dana lebih untuk komponen video card, karena banyak membutuhkan kemampuan grafis yang tinggi. Salah satu motherboard series 100 yang masih menerapkan memory DDR3 diantaranya adalah Gigabyte GA-H110M-DS2 DDR3 serta Gigabyte GA-B150M-HD3 DDR3, yang harganya antara Rp. 1250.000 s/d Rp. 1500.000,-
  2. Platform AMD. Tidak sama dengan platform Intel, untuk platform AMD pada socket FM2+ tampaknya diciptakan lebih beragam, untuk socket processor yang didukung mulai dari generasi Richland, Kaver hingga Godavari. Model socket FM2 ada 6 pilihan yaitu A88X, A78, A75, A6H, A58 dan A55, namun tidak semua chipset tersebut mendukung processor AMD, khusunya Kaveri atau Godavari. Sebaiknya anda pastikan kesesuaian antara chipset, processor dan socketnya.

Tips Memilih RAM dalam Merakit Komputer

RAM adalah sebuah memory pada komputer yang digunakan langsung pada saat komputer berjalan, jadi pilihlah RAM yang terbaik untuk komputer anda. Untuk keperluan merakit komputer, tentu anda harus tahu untuk apa nantinya komputer anda lebih banyak difungsikan. Tidak hanya melihat besarnya kapasitas saja tetapi beberapa yang perlu dipertimbangkan seperti kecepatan frekuensi pembacaan data dan yang lain.
Pernah seorang teman membeli 2 buah RAM dengan kapasitas dan merek yang berbeda, yang satu 1 GB dan yang lain 2 GB, tetapi mempunyai kecepatan dan seri yang sama. Ternyata hanya menghasilkan peningkatan performa  0,4 saja. Jadi jangan asal beli RAM, bila salah pilih akan mengakibatkan uang anda terbuang percuma. Yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan RAM adalah :

  1. Seri. Ketika anda membeli 2 buah RAM mungkin untuk menambah kapasitas, yang perlu anda ketahui adalah serinya. Misalkan anda membeli 2 buah RAM harus dipastikan mempunyai seri yang sama. Contoh, anda membeli RAM seri PC12800, maka keduanya harus sama serinya yaitu PC12800 juga.
  2. Kecepatan Frekuensi. Seperti yang sudah saya utarakan di atas, motherboard mempunyai type dan karakter yang berbeda, sehingga dimungkinkan tidak semua mainboard support dengan kecepatan frekuensi RAM yang sama. Anda harus melihat minimal dan maximal kemampuan motherboard dalam menerima kecepatan frekuensi tersebut.  Selain itu Processor anda juga harus sesuai dan mampu untuk menerima kecepatan frekuensi memory anda, sehingga anda harus melihat spesifikasi Processor dan Motherboard anda sebelum memutuskan untuk membeli RAM. Misalnya untuk DDR3 maksimum speed 1066 – 1600 Mhz mode standar dan 1866 – 3000 Mhz mode overcloking.
  3. Kapasitas. Hal lain yang harus diperhatikan adalah kapasitas. Kepasitasnya juga harus diusahakan sama, karena jika seri dan kapasitas RAM tersebut sama, maka kinerjanya akan dipastikan sangat stabil. Contoh, kenapa sebuah merk menjual paket 2/4 buah RAM dengan kapasitas yang sama, itulah alasan mengapa kapasitas juga tidak boleh diabaikan.
  4. Merk. Banyak yang mengabaikan tentang merek, padahal menurut pengalaman beberapa teman, menggunakan merek yang belum familiar masih banyak kendala. Jadi usahakan Anda menggunakan memory dari produsen yang sudah teruji kemampuannya. Bila anda menggunakan 2 buah RAM, maka anda juga harus menggunakan RAM dengan merk yang sama, agar Memory berjalan lebih stabil.
  5. Interface. Sebelum menentukan untuk membeli RAM, penting untuk diperhatikan adalah socket yang terdapat pada motherboard. Kalau Socket pada motherboard anda DDR2 maka anda harus membeli RAM DDR2. Begitu juga bila socket pada motherboard anda DDR3, RAM yang harus dipilih DDR3.
  6. Kenali Processor. Maksudnya adalah, tidak semua processor memiliki kemampuan sama. Ada batas maksimal RAM yang bisa digunakan. Biasanya terdapat keterangan mengenai kemampuan maksimal processor menerima kapasitas dan kecepatan RAM. 
  7. Kenali Motherboard. Motherboard anda juga harus dilihat, Selain socketnya anda juga harus melihat, apakah motherboard mampu dipasang seri RAM. Pada spesifikasi motherboard ada kemampuan menerima RAM. Misal, Max Dual Channel 8 GB kecepatan 1333 Mhz. Jika anda memasang RAM 16 Gb kecepatan 1866 Mhz, maka motherboard tidak bisa atau tidak sanggup menerima.

Tips Memilih Hardisk dalam Merakit Komputer

Hardisk merupakan salah satu komponen utama dalam komputer. Alat ini berfungsi sebagai penyimpan data. Sangatlah disayangkan apabila data anda rusak atau hilang gara-gara hardisk anda bermasalah. Untuk itu diperlukan tips yang jitu dalam membeli hardisk agar peristiwa tragis data tidak terjadi. Ada beberapa saran untuk anda sebelum memutuskan membeli hardisk.

  1. Kapasitas. Besar kecilnya kapasitas hardisk menetnukan berapa besar kapasitas data yang mampu tersimpan pada hardisk anda. Jadi anda perlu memperhitungkan berapa kebutuhan penyimpanan data anda. Kapasitas hardisk mempunyai satuan byte. Anda bisa baca : Merakit komputer itu mudah.
  2. Rotasi. Rotasi adalah perputaran hardisk, ketika hardisk bekerja atau on piringan magnetic yang ada di dalamnya selalu berputar. Kecepatan perputaran hardisk ini sangat mempengaruhi kinerja hardisk, utamanya proses penulisan dan pembacaan data. Satuan perputaran hardisk adalah RPM (Rotation Per Minit). Sebagai contoh sebuah hardisk mempunyai kecepatan 7200 RPM akan menyuguhkan performa lebih baik dari pada 5400 RPM.
  3. Garansi. Kita tidak akan pernah mengetahui kapan hardisk itu rusak, dengan mempunyai jangka waktu garansi yang cukup panjang, maka anda tidak terlalu khawatir dengan kerusakan alat. Namun sebagus-bagusnya garansi masih bagus kalau hardisk anda tidak pernah bermasalah, karena data yang tersimpan di dalamnya adalah sangat berharga dari ganransi apapun yang ditawarkan.

Tips Memilih Casing sebelum Merakit Komputer

Fungsi casing adalah untuk menempatkan semua perangkat agar rapi dan terlindung. Saat ini banyak beredar merek casing dengan model dan harga. Untuk model biasanya ada dua model yaitu desktop (tidur) model tower (berdiri). 
Tips untuk memilih casing komputer yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Bahan Dasar. Casing yang terbuat dari bahan dasar plastic umumnya kurang bisa membuang panas dari dalam, sehingga suhu cenderung tinggi, selain itu plastic mudah patah, jadi casing berbahan plastic ini tidak direkomendasikan. Casing berbahan dasar alumunium bisa menyerap panas dengan baik, tidak gampang memuai, sehingga slot tidak gampang goyang. 
  2. Ventilasi. Karena komponen komputer umumnya tidak tahan terhadap panas, pemilihan casing yang memiliki ventilasi cukup akan mudah untuk membuang panas dalam casing. Dengan demikian suhu akan selalu stabil.
  3. Keseuaian Powersuply. Biasanya casing dan power supply merupakan satu paket, dan apabila anda menemukan penjualan terpisah, maka pastikan anda membeli keduanya satu merek.
  4. Periksa Kondisi. Sebelum anda membawa pulang cashing pilihan anda saat membeli, alangkah baiknya periksa kondisi casing apakah masih bagus atau ada bagian-bagian yang cacat . Pastikan cashing masing di dalam kardus. Kalau anda membeli online, silahkan baca dulu detail deskripsi produk,  teliti sebelum membeli.


Tips Memilih VGA Card sebelum Merakit Komputer

VGA Card adalah sebuah komponen komputer penghasil gambar. Komponen ini juga ada yang mempunyai processor tersendiri, sehingga kinerja processor utama tidak berkurang. Menurut Gamerindo VGA yang bagus saat ini adalah Nvidia dan Ati Radeon. Masih menurutnya tips memilih VGA yang baik didasarkan atas :
  1. Merk Graphic Card. Merek sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan. Merk ternama seperti Gigabyte atau Asus masih mempunyai keunggulan dibandingkan dengan Zotac.
  2. Core Speed. Kecepatan juga menjadi acuan dalam memilih kartu graphic ini. Ada dua jenis core speed yang direkomendasikan yaitu Base Mode dan Bost Mode. Contoh Core Speed Graphic Card MSI/NVIDIA GeForce GTX970 untuk Bost Mode 1241 MHz sedangkan Base Mode 1102 MHz.
  3. Kapasitas Memory. Seperti juga pada RAM komputer, kapasitas memory VGA juga sangat menentukan hasil gambar. RAM ini menyimpan sementara olahan data dari Pocessing Unit VGA kemudian dikirimkan ke layar monitor melalui kabel VGA, DVA atau HDMI. 
  4. Memory Clock Speed. Ini merupakan kecepatan memory graphic card dalam memproses data. Semakin cepat clock speed memory akan semakin bagus hasilnya. Clock Speed memory mempunyai satuan Mhz sama halnya denga core speed pada CPU.
  5. Tipe Memory. Type memory Interface pada graphic card ada beberapa jenis seperti DDR dan GDDR. Jenis interface mempengaruhi kecepatan transfrt dari processor ke mainboard lalu ke graphic card. Saat ini tipe terbaru adalah model GDDR. 
  6. Jalur Data. Jalur data ditunjukkan dengan satuan bit, semakin besar jalur data maka semakin cepat pula pemrosesan data. Contohnya VGA dengan jalur data 128 bit, 256 bit, 512 bit dan setrusnya. 
  7. Port Keluar. Port keluar merupakan jalur keluarnya data dari graphic card menuju monitor. Ada 3 jenis port VGA yaitu D-Sub, DVI dan HDMI. Untuk port yang bagus saat ini adalah HDMI.

Tips Memilih Sound Card sebelum Merakit Komputer

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah bertanya pada diri sendiri apakah anda perlu membeli sebuah soundcard khusus. Kebanyakan motherboard yang baik sudah tertanam sebuah soundcard. Jika Anda hanya pengguna komputer untuk keperluan biasa atau gamer dengan anggaran yang sedikit ketat, maka soundcard dengan kualitas suara yang lebih baik tidak begitu diperlukan. Anda cukup menggunakan soundcard bawaan dari motherboard dan itu merupakan pilihan terbaik bagi anda. 
Di sisi lain, jika anda merupakan seorang produser musik atau ingin kualitas suara yang sangat baik saat memainkan game kesayangan, maka soundcard bawaan dari motherboard tidaklah cukup. Maka anda perlu untuk membeli soundcard secara terpisah dimana haruslah cocok dengan port PCI-Express pada motherboard yang anda miliki. 
Jika anda merupakan gamer, untuk mendapatkan suara audio yang maksimal tentu memerlukan soundcard yang berkualitas. Saat memilih, perhatikan setiap fitur yang ditawarkan agar pengalaman mendengar suara lebih tajam dan baik. Anda dapat menemukan sound card yang layak dengan harga berkisar antara 400rb hingga 1,2 juta dan yang pasti akan memenuhi kebutuhan audio gaming Anda. 
Nah agar lebih membantu anda dalam memahami tentang pemilihan komponen pada komputer rakitan anda, bisa dilihat video sederhana berikut :
Video Tips Memilih Hardware

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Hardware Sebelum Merakit Komputer"