Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merakit Komputer

Adalah kebanggaan tersendiri bila kita berhasil merakit komputer dengan hasil yang optimal. Apalagi itu adalah karya anda sendiri. Kesabaran dan ketelitian diperlukan untuk mengerjakan yang satu ini. Dengan mengetahui sedikit tentang komputer dan segala komponennya, niscahya tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. 
Merakit komputer tidak diperlukan peralatan seperti solder atau peralatan elektornika yang banyak macamnya itu. Hanya perlu 1 buah obeng saja. Pekerjaan ini hanya memasang alat dan menghubungkan ke soket-soket yang sudah tersedia pada motherboard. Jadi, siapa saja bisa berlatih untuk melakukan pekerjaan ini karena tidak sulit?
Nah, anda siap untuk beraksi? Hati-hati dan teliti adalah kuncinya.
Kita persiapkan dulu komponen-komponen yang akan dirakit, diantaranya Casing, Processor, Heatsink, Memori (RAM), Motherboard, Kartu Monitor (VGA Card), Kartu Suara (Sound Card), Hardisk, CD Rom, Buku manual. 

Adapun peralatan pendukung untuk merakit seperti:
Obeng (cukup 1 buah)
Tang 1 buah
Talang kecil  untuk menyimpan benda-benda kecil
Setelah dirasa siap, maka kita lanjut pada proses perakitan

Cara Pemasangan Processor ke motherboard

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan memasang processor pada motherboard. Agar tidak salah memasang processor pastikan anda sudah mengecek pin-pin atau kaki-kaki processor, karena socket atau slot pada motherboard sangat kecil dan sangat banyak, jadi usahakan jangan sampai salah masuk.
Agar tidak terjadi kekeliruan pada saat pemasangan processor, anda sebaiknya  melakukan pemasang processor dengan benar seperti berikut:
  1. Perhatikan tanda penunjuk yang ada pada processor, pada setiap processor biasanya terdapat sebuah tanda pada bagian sudut processor itu sendiri. Petunjuk tersebut kebanyakan berupa titik berwarna kuning emas berada pada salah satu sudut processor. Anda harus samakan tanda yang ada di motherboard denga processor. Jangan sampai terbalik karena akan fatal akibatnya.
  2. Kemudian angkat pengunci socket CPU agar terbuka, 
  3. Pasang processor dengan tepat, jangan dipaksa masuk kalau belum tepat masuk seluruh kaki processor.
  4. Lalu pasang kembali tuas atau kunci pengaman socket. Processor sudah terpasang dengan aman.


Cara Pasang Motherboard ke Casing

Ketika Processor sudah terpasang pada motherboard, langkah selanjutnya adalah  memasang motherboard pada casing anda. Cara pemasangan motherboard ke casing cukup mudah. Anda tinggal memasangnya sesuai dengan posisi port dengan casing, biasanya processor akan selalu berada di bagian atas untuk casing tower. Setelah terpasang dengan baik, kemudian pasang baut-baut agar posisi maotherboard tidak goyang.

Cara Pasang Heatsink Processor

Pada tahap berikutnya anda perlu melakukan pemasangan heatsink processor. Heatsink adalah sebuah perangkat hardware komputer yang berupa alumunium guna pendinginan atau penyerap suhu. Heatsink biasanya telah dilengkapi dengan kipas. Sebelum anda memasang heatsing, alangkah baiknya kalau di atas processor anda olesi dengan gel atau pasta processor, fungsinya sebagai pendingin juga, agar lebih nyaman, banyak pendinginnya.
Kemudian pasang konekstor kipas heatsink yang ada pada bagian slot yang telah disediakan, lokasinya ada disekitar processor yang secara umum jumlahnya 3 pin. Untuk heatsink processor jenis Intel pemasanganya lumayan sulit, terlebih dahulu anda masukan 4 penguncinya dan setelah itu tinggal putar sambil tekan sesuai arah jarum jam.

Cara Pasang Memori/RAM ke Motherboard

Cara memasang RAM ke motherboard adalah dengan:

  1. Buka pengunci RAM, kemudian masukkan atau pasang RAM pada slot yang ada dengan posisi yang tepat, (lihat juga lubang yang terdapat di bagian bawah RAM) sesuaikan dengan slot di motherboard.
  2. Kemudian anda tekan RAM secara perlahan hingga terdengar bunyi “klik”, dan pengunci RAM otomatis mengunci. 

Cara Pasang Power Supply

Power Supply merupakan sebuah perangkat yang dapat mengubah arus listrik yang akan masuk ke komputer dari AC ke DC atau bisa sebaliknya, ketika anda membeli sebuah casing maka biasanya sudah ada power supply. Tetapi jika anda membeli casing belum dilengkapi dengan power supply, maka anda dapat membeli power supply tersendiri.
Berikut langkah memasang power supply di motherboard:

  1. Pasang power supply pada bagian belakang casing yang memiliki lubang belakang paling besar, secara umum lokasinya ada diatas atau dibawah casing CPU, kemudian pasang dengan baut yang ada dan kencangkan secara perlahan.
  2. Bagi komputer keluaran terbaru jumlah PIN power ke motherboard ada 24 PIN atau sering disebut power Supply BTX. Kemudian pasang koneksor pada power supply tersebut ke socket power motherboard dengan kencang.  Biasanya untuk konektor processor terdapat 4 hingga 8 pin mohterboard.

Cara Pasang Kabel Motherboard dan Casing

Biasanya pada motherboard akan dilengkapi dengan kabel-kabel tambahan. Kabel tambahan tersebut antara lain seperti kabel data SATA/IDE. Oleh sebab itu anda diharapkan untuk memasang kabel tersebut pada scocket masing-masing. Kabel ini nantinya digunakan untuk memasang hardisk atau CD-Rom.
Sedangkan kabel yang lain adalah kabel power On/Off, restart, Audio Port, USB Port dan LED HDD komputer. Kalau belum terbiasa memasang kabel ini biasanya menemui kendala, karena banyak macamnya. Namun jangan hawatir, karena masing-masing kabel pada ujungnya terdapat tulisan kecil sebagi petunjuk untuk pemasangannya.
Pasanglah kabel-kabel tersebut pada motherboard sesuai dengan tulisan-tulisan tadi, contohnya kalau pada ujung kabel tertulis “reset”, maka anda harus memasang pada pin motherboard yang tertulis “reset” juga. Begitu juga yang lain, anda tinggal menyesuaikannya.

Cara Pasang Drive

Ketika semua kabel terpasang maka saatnya anda pasang drive harddisk, CD/DVD ROM dengan cara berikut:
Untuk memasang drive seperti harddisk, CD-ROM/DVD-ROM caranya yaitu :

  1. Masukkan drive dari depan casing. Atur dulu settingan jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
  2. Pasang baut atau sekrup supaya drive tidak lepas.
  3. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primer yang dipakai lebih dulu)
  4. Apabila kabel IDE terhubung pada 2 (dua) drive,Setting jumpernya yaitu drive pertama disetting sebagai master dan satunya lagi sebagai slave. Dan konektor IDE sekunder pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
  5. Sambungkan kabel power dari catu daya pada masing-masing drive.

Cara Pasang VGA Card untuk Merakit Komputer

Anda tahu bahwa VGA Card merupakan perangkat tambahan pada komputer, fungsinya untuk membuat grafis komputer lebih baik. Atau dapat anda rasakan ketika bermain game atau rendering video dan animasi, jika spesifikasi dari VGA Card yang tinggi maka akan memiliki hasil yang bagus pula.
Nah untuk bagian slot dari VGA Card pada motherboard saat ini dikenal dengan istilah PCI Express. Untuk lokasi slot ini berada dibagian bawah dari socket processor, terlebih dahulu anda buka penutup belakang casing, cara pemasanganya pun hampir sama dengan RAM. Anda cukup sesuaikan bentuk dari socket yang ada, lalu tekan hingga VGA Carrd benar-benar terkunci. Jika anda memakai VGA Card berarti pada port output yang terhubung ke monitor berpindah ke vga card.

Cara Memasang Sound Card

Sound Card yang dikenal saat ini ada tiga  macam yaitu sound card onboard dan soundcard offboard.
  1. Sound Card Onboard, yaitu sound card yang sudah terpasang pasang langsung pada motherboard komputer. Jadi tidak bisa bongkar dan di pasang
  2. Sedangkan Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard.  Rata-rata soundcard sekarang sudah menggunakan PCI
  3. Mengenai Soundcard External, merupakan  sound card yang pemasangannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

Cara kerja soundcard, data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker, maka keluarlah suara dari komputer yang bisa kita dengarkan.
Ketika anda merekam suara lewat microphone, suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini disimpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3 dan jenis file suara yang lain.
Adapun cara pemasangannya adalah seperti pada pemasangan VGA Card yaitu kita pasangkan pada slot PCI pada motherboard. Tekan soundcard yang sudah anda sediakan pada kedua sudutnya sampai benar-benar rapat pada slot. Nah kalau sudah, maka soundcard anda sudah siap


Tahap Terakhir Merakit Komputer

Setelah anda memastikan bahwa semuanya sudah terpasang dengan benar, jangan lupa untuk menutup casing dan biarkan pada bagian samping terbuka. Langkah selanjutnya anda sambungkan semua perangkat input seperti keyboard mouse dan output device seperti audio speaker dan monitor atau LED.
Lalu pasang kabel power yang terhubung power supply, kemudian tombol power pada casing. Jika semuanya sudah lengkap, maka anda dapat menutup semua casing dengan rapat.

Pengujian setelah selesai merakit komputer


  1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
  2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang pada komputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
  3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
  4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
  5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.

Solusi bila ada masalah pada hasil perakitan komputer

Hidupkan komputer dan bila terjadi :

  1. Komputer dan monitor tidak hidup, periksa kabel daya pada colokan listrik, pastikan sudah terhubung pada sumber daya listrik.
  2. Tampilan layar monitor ngeblank / berwarna hitam, pasti ada kesalahan pada RAM.
  3. Dan apabila pada CPU terdengar bunyi beep, maka betulkan penempatan RAM / memori pada soket.
  4. Apabila card adapter tidak terdeteksi, periksa penempatan card adapter sudah tepat apa belum ke slotnya.
  5. Apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksa konektornya sudah terhubung apa belum. 

Nah, agar lebih lengkap untuk memahaminya, silahkan tonton video cara merakit komputer di bawah ini, dan bila anda suka dengan artikel ini beri "like", atau bisa di "share" ke teman-teman yang lain. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Merakit Komputer "