Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagan Sistem Operasi System Call

Bagan Sistem Operasi System Call


Layanan langsung sistem operasi ke pemrograman, disebut dengan system call. System call adalah tata cara pemanggilan di program aplikasi untuk memperoleh layanan yang disediakan oleh sistem operasi. System call berupa rutin sistem operasi untuk keperluan tertentu yang spesifik.



Dari gambar diatas dapat jelaskan bahwah user atau pengguna mengoprasikan Sistem Operasi lalu data akan di proses ke RAM terlebih dahulu lalu ke perangkat lainnya.

   System Call untuk manajemen proses diperlukan untuk mengatur proses-proses yang sedang berjalan. Kita dapat melihat penggunaan system calls untuk manajemen proses pada Sistem Operasi Unix. Contoh yang paling baik untuk melihat bagaimana system call bekerja untuk manajemen proses adalah Fork.

 Keuntungan dan kerugian menggunakan system call sama antarmuka untuk memanipulasi baik file dan perangkat adalah Setiap perangkat dapat diakses seolah-olah itu adalah file dalam file sistem. Karena sebagian besar penawaran kernel dengan perangkat melalui antarmuka file, relatif mudah untuk menambahkan device driver baru dengan menerapkan kode perangkat keras khusus untuk mendukung antarmuka file abstrak.


   Oleh karena itu, ini manfaat pengembangan baik kode program pengguna, yang dapat bewritten untuk mengakses perangkat dan file dalam samemanner, dan perangkat sopir kode, yang dapat ditulis untuk mendukung API yang didefinisikan dengan baik. Kerugian itu dengan menggunakan antarmuka yang sama adalah bahwa mungkin akan sulit untuk menangkap fungsi peralatan tertentu dalam konteks akses file API, sehingga baik mengakibatkan hilangnya fungsi atau kerugian kinerja. Beberapa ini dapat diatasi dengan penggunaan operasi ioctl yang menyediakan antarmuka tujuan umum untuk proses untuk memanggil operasi pada perangkat.

Ada lima jenis system calls utama, yaitu:


a. Process control merupakan system calls yang mengendalikan proses-proses yang berjalan.

loadexecutecreate processterminate processget/set process attributeswait for time, wait event, signal eventallocate, free memory

b. File manipulation adalah kumpulan system calls yang bertugas untuk melakukan manipulasi file seperti pembacaan, penulisan, penghapusan dan pengubahan.

create file, delete fileopen, closeread, write, repositionget/set file attributes

c. Device manipulation adalah system calls yang mengatur penggunaan peralatan-peralatan yang terhubung pada mesin tersebut.

request device, release deviceread, write, repositionget/set device attributeslogically attach or detach devices

d. Information maintenance. System calls yang menghubungkan user dengan sistem operasi dalam hal berbagi informasi.

get/set time or dateget/set system dataget/set process, file, or device attributes

e. Communications. Ada dua model komunikasi yaitu pertukaran informasi dilakukan melalui fasilitas komunikasi antar proses yang disediakan oleh sistem operasi (Message-Passing) dan pertukaran dengan menggunakan memori (shared-memory).

create, delete communication connectionsend, receive messagestransfer status informationattach or detach remote device

Nah begitulah sistem call pada sistem operasi

Posting Komentar untuk "Bagan Sistem Operasi System Call"