Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Format Kondisional untuk Menemukan Data Duplikat di Excel

 


Apakah kamu mendapatkan data dari sumber eksternal atau ada orang yang melakukan entry data, kesalahan bisa terjadi. Jika kamu khawatir ada data duplikat di Microsoft Excel, kamu bisa mengetahui dengan cepat menggunakan format kondisional.


Kamu mungkin memiliki detail untuk pelanggan, lokasi, vendor, atau sesuatu yang serupa di mana data duplikat bisa menjadi tidak nyaman. Namun, mungkin kamu memiliki data seperti identifier produk, pesanan, atau pembayaran di mana duplikat bisa merugikan. Inilah cara menemukan data duplikat dengan cepat di lembar Excelmu.


Menandai Data Duplikat di Excel

Mengatur aturan format kondisional bisa terkadang menjadi rumit. Namun, menemukan duplikat di lembar Excelmu menggunakan fitur ini bukanlah salah satu situasi tersebut. Kamu sebenarnya bisa menyelesaikan tugas ini hanya dengan beberapa klik saja.


Mulailah dengan memilih sel yang ingin kamu tinjau untuk duplikat. Jika seluruh spreadsheetmu dipertanyakan, kamu bisa memilihnya dengan mengklik segitiga di pojok kiri atas lembar.


Pergi ke tab Home dan bagian Styles dari ribbon. Klik "Format Kondisional", pindah ke "Aturan Sel Menyoroti", dan pilih "Nilai Duplikat" di menu pop-out.


Ketika jendela Nilai Duplikat muncul, kamu seharusnya langsung melihat duplikatmu yang disorot dengan format default yang diterapkan. Namun, kamu bisa mengubah ini jika kamu ingin.


Pastikan "Duplikat" muncul di kotak drop-down pertama. Kemudian, klik kotak drop-down kedua untuk memilih format yang berbeda. Klik "OK" untuk menerapkan format ke data duplikatmu.


Jika kamu lebih suka format yang tidak terdaftar, klik "Format Kustom" di kotak drop-down untuk memilih gaya font, border, atau isian di jendela pop-up berikutnya. Klik "OK".


Kamu akan melihat Format Kustom diterapkan ke sel secara langsung. Jika kamu menyukainya, klik "OK" untuk menerapkannya.


Setelah kamu menandai data duplikatmu menggunakan format kondisional, kamu bisa membuat perbaikan atau penyesuaian yang diperlukan. Dan setelah itu, format akan hilang selama tidak ada duplikat di tempat lain di seleksi selmu.


Bingung dengan cara lain format kondisional bisa membantumu menemukan kesalahan entry data? Cari tahu bagaimana menyoroti sel kosong atau kesalahan dengan format kondisional di Excel.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Format Kondisional untuk Menemukan Data Duplikat di Excel"