Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Komputer Lemot Tanpa Instal Ulang


Komputer anda tiba-tiba lambat? Memang, jika komputer andalan kita tiba-tiba lemot atau lambat sangatlah menjengkelkan dan menyebalkan. Apalagi anda sedang kejar tayang laporan hampir deadline. Bisa berabe nih, bos bisa marah kalau nggak selesai. 

Lalu apa penyebab komputer anda semakin lambat?
Kembali kepada kodrat, bahwasanya yang namanya barang buatan manusia pasti ada masanya. Begitu juga dengan komputer,makin lama kinerjanya pasti menurun.
Namun begitu bukan berarti hal seperti ini tidak ada solusina. Artikel ringan ini mudah-mudahan sedikit membantu anda yang lagi mengalami peristiwa ini.

Nggak sulit kok, dan ringan-ringan saja, tidak seperti pekerjaan Merakit komputer.
Nah apa penyebab kinerja komputer jadi menurun? Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kinerja komputer jadi lambat, beberapa diantaranya adalah:

Harddisk terlalu penuh
Setiap anda menggunakan komputer, maka akan semakin banyak  memori yang dipakai pada harddisk. Jadi alangkah baiknya anda sering-sering memeriksa jumlah memori space pada harddisk anda.

File sistem rusak
Yang dimaksud file system adalah system operasi yang kita pakai, seperti windows 7, windows 8, windows 10 atau system operasi lain diluar Microsoft. System operasi biasanya diinstall pertama kali setelah selesai merakit komputer.
Kerusakan file inipun banyak penyebabnya. Rusak karena virus atau rusak lantaran kita sendiri penyebabnya, mematikan komputer tidak sesuai prosedur bisa menyebabkan file system terganggu.

Banyak File Temporary
Temporary File adalah sebuah file terbentuk saat komputer melakukan proses. File ini fungsinya adalah sebagai penyimpan data sementara saat sebuah file dibuat. Jadi sebenarnya file ini tercipta sebagai file bayangan.
Umumnya file ini terbentuk pada saat komputer memproses sebuah file yang membutuhkan memory besar seperti pengolahan grafik dan video.
Selain itu tujuan Temporary file dibuat adalah untuk memback up sebuah program yang fungsinya bisa diambil kembali saat program aslinya mengalami crash atau gangguan saat pemrosesan data.
Kelemahannya file temporary ini tidak terhapus sendiri ketika komputer telah selesai menjalankan tugasnya, sehingga makin lama makin menumpuk pada harddisk anda. Akibatnya bisa mengganggu kinerja komputer.
Data pada hardisk rusak.
Saya tidak membahas bagaimana memperbaiki hardisik, tetapi sedikit menjelaskan kenapa hardisk rusak bisa memperlambat kerja komputer.
Logikanya begini, harddisk kita umpamakan sebuah buku, penyimpanan datanya ibarat kita menulis sebuah buku, begitu juga komputer membaca harddisk ibaratnya kita membaca buku.
Kita bayangkan jika  ada lembaran yang rusak, maka kita akan sulit untuk membaca, kalaupun bisa akan membutuhkan waktu lebih lama.
Begitu juga komputer jika membaca hardisk yang datanya rusak, pasti akan memerlukan waktu.

Biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti komputer mati tiba-tiba data korup, atau software yang korup.

Ruangan Hardik tidak teratur
Apa yang diaksud ruangan harddisk tidak teratur. Anda tahu bahwa pembacaan dan penulisan pada harddisk bersifat acak atau random, artinya saat hardisk menulis atau menyimpan data tidak selalu urut dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jadi semau-maunya dia head harddisk ada dimana, maka disitulah akan menulis atau menyimpan.

Bahkan sering terjadi satu file pentimpanannya tidak dalam satu tempat. Akibatnya ada beberapa ruangan hardisk yang masih kosong terlewati, disitulah awal penataan atau penyimpanan  data pada harddsik tidak teratur.

Ketidakteraturan penyimpanan file pada harddisk ini juga menyebabkan lambatnya kinerja komputer, sebab bisa jadi pembacaan satu file melompat ke sana kemari akibat peyimpanan tidak dalam satu area. Inilah yang menyebabkan kenapa komputer lambat bekerja.

Adanya Virus
Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya virus tidak hanya memperlambat kerja komputer, tetapi lebih dari itu karena virus bisa menyebabkan kerusakan file atau lebih parah lagi menghilangkan file anda.

Terlalu Banyak program start up terpasang
Start up adalah dimana program / software yang dijalankan saat system operasi komputer pertama kali dibuka. Jadi software ini otomatis berjalan saat komputer booting. Software ini aktif  di memory komputer setiap saat. Dapat dibayangkan kalau anda banyak mengaktifkan sotware di start up komputer anda. 

Visual effect Windows

Visual efek memang membuat permoform komputer terutama tampilan akankelihatan lebih menarik, tapi jangan salah, visual efek bisa mempengaruhi kinerja komputer anda.
Nah, bagaimana cara untuk mengatasi itu semua?
Ada beberapa teknik sederhana untuk mengatasi ini, dan anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke tukang servis. Untuk melakukannya tidak perlu ada tambahan software khusus, semuanya ada pada windows anda.
Langkah-langkah tersebut antara lain

Cek memori harddisk secara berkala

Caranya adalah dengan mengklik kanan mouse pada drive mana akan diperiksa, kemudian pilih “Properties” maka hasilnya adalah :


Pada contoh di atas terlihat bahwa memori yang telah terpakai sebesar 10.6 Gb dan memori yang belum digunakan ada 183 Gb.
Jika pada tampilan anda menunjukkan memori harddisk Anda hampir penuh, maka anda disarankan untuk segera menghapus file-file atau aplikasi yang tidak dipakai. Atau memindahkan file tersebut pada harddisk lain file tersebut masih diperlukan.

Membersihkan temporary files

Anda bisa menggunakan tools bawaan windows untuk menghapus temporary file.
 "Start" >> "Run" lalu ketikkan %temp% dan "OK."

Kemudian anda dibawa ke direktori Tmp, dan anda bisa menghapus semua file yang ada. Semua file yang ada adalah file yang tidak terpakai.

Hapus file direktori prefetch


Langkahnya sama seperti cara menghapus file temporary,  ketikkan "prefetch".


Hapus file-file tersebut.

Defragment harddisk secara berkala

Fungsi Defragment adalah menata kembali file-file yang tidak teratur pada saat penyimpanan secara acak yang dilakukan oleh harddisk. Kejadiannya sudah saya gambarkan di atas.
Langkah untuk melakukan defragment adalah sebagi berikut :
Klik kanan pada drive yang akan didefrag, maka akan menuju :


Tekan defrag dan tunggu proses sampai selesai.

Cek disk error

Berikut cara mengecek disk error pada komputer anda. 
Klik kanan pada salah satu partisi harddisk
Pilih "Properties" lalu pilih "Tool"
Klik "Check Now" 

Hapus (uninstall) program yang sudah tidak digunakan

Tidak ada gunanya tetap mempertahankan program yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Segera hapus program-program tersebut agar menambah ruang kosong harddisk.
Klik Start >>> Control Panel. Pilih "Uninstall a program" (Windows 7 ke atas) atau "Add or Remove Programs" (Windows XP).


Segera hapus semua program yang tidak Anda gunakan

Kelola program startup
Program startup adalah program-program otomatis dijalankan saat komputer booting. Ada beberapa yang perlu, namun anda tidak usah memperbanyak program start up anda.
Disarankan, agar setiap kali menginstall program anda cermati bila ada tawaran padainstallernya apakah program ini masuk di startup atau tidak, kalau memang perlu dimasukkan jikalau tidak perlu diabaikan saja.
Untuk menonaktifkan program yang ada pada startup anda, maka perlu langkah seperti di bawah ini.
Buka lagi menu Run dan ketikkan "msconfig" pada kolom Open


Maka akan tampil jendela layar seperti berikut

Yang tercentang adalah program yang saat ini berada pada posisi startup. Maka jika anda akan menon-aktifkan, maka hilangkan tanda centang tersebut. Pilih sesuai keinginan anda.
Kemudian klik “ok”, maka program yang ada pada startup sudah berkurang.

Cara Menghilangkan visual effect Windows

Tidak sulit juga untuk menghilangkan visual efek pada komputer anda.
Langkahnya adalah
Pilih menu "Start"
Ketik "view advanced" pada  kolom Run
pilih menu "View advanced system settings"
Pilih menu tab "Advanced"
dan klik "Setting" pada menu "Performance"


Setelah itu anda pilih "Custom" dan hilangkan tanda centang pada efek visual
Namun, efeknya tampilan Windows akan menjadi kurang sebagus dan semulus biasanya. Namun ini bisa mengurangi bebankomputer anda, sehingga prosesnya lebih cepat.

Instal antivirus

Virus memang musuh utama para pemakai komputer, walaupun sudah banyak antivirus, tetapi bukan menghilang malah populasi virus komputer semakin merajalela. Penyebaran virus memang banyak caranya, diantaranya bagi anda yang sering berselancar di dunia maya, virus, malware, dan adware mengintai.
Untuk itu pilihlah program antivirus yang ringan dan cukup instal satu program antivirus saja, namun disarankan anda untuk selalu mengupdate antivirus tersebut. Sebab kita tahu bahwa perkembangan virus semakin tidak terbendung lagi.
Untuk pilihan antivirus saya tidak bisa merekomndasikan mana yang lebih baik, semua antivirus punya nilai plus dan minus, semua terserah anda.
Dan saya juga tidak merekomendasikan untuk menginstal lebih dari satu antivirus, karena bisa jadi banyak antivirus malah berakibat menghambat kinerja komputer.
Akhirnya, semoga artikel ringan ini bisa membantu permasalahan pada komputer anda. Sebuah langkah yang bisa anda kerjakan sendiri, tidak seperti saat anda belajar merakit komputer, pada artikel beberapa waktu yang lalu.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Komputer Lemot Tanpa Instal Ulang"