Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Begini Cara Merawat Laptop Yang Benar



Mencegah lebih mudah dari  mengobati, kata bijak yang satu ini bisa digunakan sebagai patokan dalam hal perawatan. Itu tidak hanya berlaku bagi kesehatan manusia, tetapi berlaku juga bagi barang-barang yang kita miliki. Begitu juga dengan komputer, kalau kita merawatnya dengan baik, Insya Allah barang yang kita  miliki akan awet.

Untuk merawat barang kesayangan kita sebenarnya tidak terlalu sulit dan memberatkan. Hal-hal sepele yang mungkin kita lupakan seperti mengelap secara rutin, menempatkan barang pada tempatnya dan hal-hal kecil lain kalau kita lakukan secara rutin ternyata berdampak sangat besar bagi keawetan barang yang kita miliki.

Apa saja hal-hal sepele yang berpengaruh besar pada barang-barang anda? Berikut penjelasnnya.

#1. Jangan main game berat terlalu lama.
Main game memang mengasikkan, apalagi game yang lagi kita senangi. Rasa penasaran dan  ketagihan selalu muncul bila kita belum menyelesaikan secara tuntas. Inilah yang membuat permainan kita makin lama makin asyik. Tanpa kita sadari sebenarnya kita telah memperkosa alat, bagaimana tidak kalau sudah sayik main game sepertinya 1 jam itu sangat singkat. Paling tidak kalau sudah ketagihan main game bisa sampai 5 jam.
Bagi computer atau laptop yang hardwarenya sudah anda pilihkan khusus untuk game itu tidak masalah. Yang masalah adalah laptop yang anda pakai sehari-hari umumnya hanya didesain untuk kebutuhan perkantoran  atau perkuliahan saja.
Sebaiknya kalau anda maniak  game, computer anda harus didesain sesuai dengan kebutuhan game, seperti VGA Card, Processor, Harddisk yang sesuai.

#2. Jauhkan minuman atau Benda Basah
 Bekerja ditemani cemilan dan kopi atau minuman hangat memang menyenangkan. Tapi ingat, anda tidak boleh meletakkan minuman atau cemilan anda yang berair atau basah. Dikhawatirkan bila anda secara tidak sengaja menyenggol gelas minuman anda dan tumpah di atas komputer atau laptop anda, maka bisa jadi malapetaka baru saja menimpa anda.
Jauhkan minuman atau makanan basah dari komputer anda.   

#3. Jangan Bekerja di atas kasur
Bekerja di atas tempat tidur memang hal yang cukup menyenangkan. Disamping suasananya tenang, kita bisa langsung istirahat jika sudah merasa pegel dan capek.
Namun tahukah anda kasur bisa membuat laptop anda cepat panas? Menaruh laptop diatas kasur akan menghambat sirkulasi udara pada laptop. Akibatnya laptop anda cepat panas, mengakibatkan komponen-komponen di dalam laptop anda akan kepanasan.

#4. Usahakan tidak menaruh barang berat di atas laptop
Saat anda tidak bekerja dengan laptop, biasanya menutup dan menaruh laptop di atas meja. Entah sadar atau tidak, barang seperti pulpen, kertas, handphone, buku atau barang-barang lain kita letakkan di atasnya. Kalau hanya satu-dua sih nggak apa-apa, tapi kadang-kadang kalau kita lupa bisa seabrek barang kita tumpuk di atas laptop.
Apa pengaruhnya? Tentu saja secara langsung tidak, namun kalau ini sudah menjadi kebiasaan dan terus-menerus, maka hal ini akan mempengaruhi layar monitor laptop anda.
Simpanlah benda-benda milik anda pada tempatnya, jangan di atas laptop.


#5. Jangan mengangkat /memindahkan laptop saat On
Dalam keadaan On, seluruh perangkat laptop tentunya dalam keadaan on juga. Lalu apa pengaruhnya dengan keawetan barang? Salah satu perangkat yang bekerja adalah harddisk, anda tahu dalam keadaan on cakram harddisk selalu berputar.
Perputaran harddisk tidak stabil saat anda memindahkan laptop dari tempat satu ke tempat lain. Karena kemiringan sudut  akan mengganggu perputaran cakram harddisk. Ini bisa mengakibatkan goresan pada cakram harddisk.

#6. Bersihkan layar dengan rutin
Partikel-partikel kecil disekitar kita yang beterbangan adakalanya menempel pada tubuh kita. Itulah makanya kita dianjurkan mandi dua kali sehari guna membersihkannya.
Bagaimana dengan laptop anda, tentunya setiap saat debu-debu disekitar kita akan menempel juga bukan? Utamanya pada layar.
Debu ini secara rutin harus kita bersihkan, minimal satu minggu satu kali.

#7. Selalu memasang bateray
Kenapa bateray harus selalu dipasang? Ini untuk menghindari komputer mati mendadak ketika aliran listrik di rumah kita tiba-tiba padam. Dengan adanya bateray, maka  anda bisa mematikan computer secara wajar.
Disamping itu fungsi bateray adalah untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke laptop anda.

#8. Menjaga Suhu Laptop
Semua perangkat elektronik yang menggunakan listrik pasti akan menghasilkan panas jika dalam keadaan On. Pemakaian laptop terus menerus dengan waktu yang lama akan membuat suhu semakin tinggi. Tingginya suhu jika tidak dikendalikan berakibat pada perangkat itu sendiri.
Olehnya  itu pendinginan secara berkala bagi anda yang terbiasa bekerja dengan laptop berjam-jam akan membantu memperpanjang umur laptop anda. Beristirahatlah setiap 3 jam, agar kesehatan anda juga laptop anda terjamin.
Untuk menjaga suhu tetap dingin, anda juga bisa menggunakan cooling pad, harganya tidak mahal sekitar Rp. 25.000,- biasanya dijual di toko komputer maupun elektronik.

#9. Tidak menutup langsung LCD laptop setelah bekerja.
Suhu laptop sehabis anda gunakan bekerja masih agak tinggi. Dalam keadaan ini tidak disarankan langsung menutup layar  LCDnya. Suhu tinggi yang keluar dari hardware laptop anda akan mengganggu kinerja LCD.
Usahakan beberapa saat ketika laptop anda sudah mulai dingin layar LCD bisa anda tutup dan dimasukkan pada tas laptop kembali.



#10. Matikan Laptop Sesuai Aturan
Ada yang mengatakan begini “aturan dibuat itu untuk dilanggar”. Ini mungkin kata-kata yang menyesatkan. Yang benar adalah aturan dibuat adalah untuk mengatur sendi-sendi kehidupan agar berjalan secara normal dan baik.
Mematikan laptop sesuai  aturan berguna untuk menjaga agar system operasi atau software  pada laptop anda tidak cepat rusak.   
Contohnya begini, saat itu anda sedang mengerjakan sebuah dokumen di Microsoft word, tapi karena jam ini anda harus buru-buru pergi, maka laptop anda langsung anda matikan. Ingat, anda masih mempunyai dokumen yang masih terbuka.
Logikanya, ketika anda menulis sebuah buku, belum anda tutup tapi anda langsung menumpuknya di meja anda  dan ditinggalkan begitu  saja. Tidak lama ada orang lain yang tidak sengaja menumpuknya dengan benda lain. Atau bahkan cicak menjatuhkan kotorannya tepat di atas buku anda tadi. Tentunya akan kotor bukan?
Begitu juga dengan komputer, ibaratnya seperti itu, dan kejadian itu berulang-ulang, maka secara perlahan laptop anda akan menurun kinerjanya.

Itulah tip-tip sederhana yang bisa anda lakukan sendiri, hal yang  tidak memberatkan, tetapi sangat berdampak pada keawetan laptop anda.
Kesepuluh tips di atas kalau dikerjakan secara rutin, niscahya menjadi budaya yang berdampak sangat positip buat anda.

Akhirnya, semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk anda. Bila berkenan, silahkan anda share kepada teman  atau kerabat anda, agar teman anda juga bisa melakukan hal sepele yang bermanfaat untuk laptop miliknya. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Ternyata Begini Cara Merawat Laptop Yang Benar"