Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memanfaatkan Fitur Buzzer Pada Router Mikrotik



Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Halo teman-teman semua semoga kalian sehat selalu, Artikel pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaatkan Fitur Buzzer Pada Router Mikrotik yang dapat kita gunakan sebagai notifikasi jika koneksi internat mengalami down.


Apa itu Buzzer?

Buzzer merupakan suatu komponen dari perangkat elektronik yang berfungsi unntuk mengubah arus listrik menjadi getaran suara.

Untuk melakukan tutorial kali ini, pastikan bahwa Router Mikrotik kalian sudah ada Buzzernya. Untuk cara mengeceknya lakukan pre-testing dari terminal dengan mengetikan perintah /beep lalu klik enter. Jika terdenar suara misterius berati ada, wkwkwk.



Mari kita melakukan setup tools netwatch untuk memonitoring koneksi dan untuk menghidupkan buzzernya ketika koneksi internet mengalami down.



Lihat gambar dibawah ini,  untuk tabel host kita dapat menambahkan nama domain atau IP Address dan isikan interval sesuai dengan keinginan kita untuk berapa lama koneksi internet terputus yang akan dinyatakan down.

Pada halaman table UP gunakan script 
":global setAlarm value=[:tobool false];"



Pada halaman tabel DOWN gunakan script
":global setAlarm value=[:tobool true];
:while ($setAlarm) do={ 
:beep frequency=2000 length=500ms;
:delay delay-time=1000ms;
:beep frequency=4000 length=500ms;
:delay delay-time=1000ms;
}"


Selanjutnya, saatnya kita melakuna testing dengan cara mendisable Interface WAN, apakah beep berbunyi. coba kalian dengarkan suara misteriusnya :)




Demikianlah artikel dari Cara Memanfaatkan Fitur Buzzer Pada Router Mikrotik yang dapat saya samapaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah info pengetahuan untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Cara Memanfaatkan Fitur Buzzer Pada Router Mikrotik"