Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menghitung Umur atau Usia di Excel


Halo semuanya ketemu lagi dengan gue, Kali ini Gua akan share ke kalian tiga Cara Menghitung Umur Atau Usia Di Excel. Ya jadi ada tiga rumus yang akan kita pakai di latihan ini, jadi di sini kita punya ini contoh simple banget ya Ada nama karyawan ada 10 orang nih kurang lebih kemudian ada tanggal lahirnya lahir di tanggal berapa tahun berapa gitu ya.


Nah kemudian di sini kita mau membahas Gimana sih caranya menghitung umur atau usia dan biasanya kan kalau usia berarti kita bandingin sama hari ini, Nah di sini gua punya tiga rumus yang gua akan share ke kalian.


1. Dengan Rumus Year Today

Yang pertama adalah ini Rumus yang sebenarnya simpel banget yaitu kita akan mengurangi secara langsung, caranya jadi kita akan mengkombinasikan ada dua rumus yaitu rumus year untuk mengetahui tahun dari sebuah tangga yang lengkap ya kemudian kita pakai rumus bisa pakai today atau now terserah.




Untuk mendapatkan tanggal di hari ini dan nanti kerennya adalah kalau kita pakai rumus ini ketika file excelnya kalian buka lagi di masa depan misalkan setahun lagi atau 3 bulan Kemudian nanti dia akan mengikuti tanggal atau tahun di saat itu gitu jadi langsung. Cara pertama simpel banget Perhatikan ya rumusnya adalah sama dengan gear di sini Kita bisa pakai today ya year today, kemudian kalau pakai today jangan lupa setelah itu buka kurung tutup kurung nah jangan lupa tutup kurung sekali lagi supaya rumus sier yang pertama kita lengkap nanti rumus sure buka kurung today.


Kemudian ditutup kurung ini akan menghasilkan tahun dari tahun saat ini berarti harusnya Tahun 2022 misalkan, ketika gua bikin artikel ini di Tahun 2022 gitu ya Nah setelah itu untuk menghitung umur kan tahun sekarang dikurangi tahun tanggal lahir maka kita kurangi lagi biar terus buka kurung,  kemudian tinggal kita klik aja Sel berisi tanggal lahir yang memang mau kita pakai dalam hal ini adalah diesel C3 nah seperti ini, Jangan lupa tutup kurung. 

=year(today())-year(D3)


2. Rumus Dated If Today

Cara yang kedua adalah kita akan menggunakan rumus yang namanya date Dated ya atau date difference, Oke jadi rumusnya ini simple banget lagi-lagi dari namanya kita udah bisa tahu kalau yang mau kita cari adalah perbedaan dari sebuah tangga ya.




Nah nanti kita bisa mengindikasikan kita mau mengambil perbedaan dari sisi apa apakah dinyatakan dalam tahunan Apakah bulanan atau harian Nah karena kita mau menghitung umur maka kita akan memilih simbol atau unit tahunan ya. jadi sama dengan dated buka kurung kemudian kita masukkan tanggal awalnya tanggal awalnya adalah berarti tanggal lahirnya ya nah kemudian koma kita masukkan tanggal hari ini yaitu dengan masukin aja today ya buka kurung tutup kurung.


Nah koma kemudian karena kita mau menyatakan dalam tahun Dalam usia setahun gitu ya maka kita pakai kode di belakangnya adalah tanda kutip y tanda kutip tanda kutip itu ada tanda petik dua ya teman-teman Jadi bukan petik satu diketik dua kali gitu ya Nah kalau udah tinggal tutup kurung aja dan kita enter Nah ada muncul ya sama ya jadi cara bacanya adalah carilah atau difference perbedaan tanggal dari tanggal C3 yaitu tanggal lahir si Ruben Ardi dibandingkan dengan tanggal hari ini yaitu Day buka kurung tutup kurung dan kita mau Nyatakan dalam tahunan maka pakai kodenya adalah tanda kutip tanda kutip kalau misalkan Kalian mau menghitung bulannya selisih bulannya ya yang mungkin mungkin jarang banget dipakai sebetulnya tapi bisa juga itu kalian Tinggal ubah aja Apa kode terakhirnya bukan y tapi pakai M gitu y artinya year m artinya kita copy lagi ke bawah nah lihat Ya kurang lebih sama Oh sama semua bahkan Harusnya sama sih memang cara satu dan cara kedua itu sama ya.

=datedif(D3, today(),"Y")


3. Rumus Yearfarc

Nah cara yang ketiga cara yang terakhir adalah dengan menggunakan rumus yang ketiga yaitu rumusnya adalah year fake ya jadi rumusnya seperti ini sama dengan year jadi dia kayak mau melihat year farction apa ya Ya intinya mirip-mirip lah selisih tanggal gitu ya nah sama mirip dengan gips sebetulnya kita tinggal memasukkan aja tanggal awalnya dan tanggal sekarang atau tanggal akhirnya gitu ya jadi kita klik dulu starded-nya yaitu C3 ya koma endednya supaya nanti bisa berubah terus maka kita pakai lagi today today ya.

=yearfarc(D3,today())




Nah di sini kemudian dia tanyakan ada basisnya kalau misalkan Kalian mau pakai basic yang berbeda-beda mengikuti perhitungan ala Eropa atau perhitungan ala Amerika Terserah Tapi ini opsional jadi kalau nggak dipakai pun nggak apa-apa tinggal kita tutup kurung aja seperti ini kemudian kita enter nah ini muncul ya ini sama sebetulnya bedanya adalah dia kalau yang cara pertama cara kedua hanya mengambil bilangan bulatnya aja bicara ketiga ini dia lebih apa ya lebih akurat gitu ya lebih detail karena dia mengambil sampai desimal desimalnya dalam artian kalau ada bulan yang lebih itu akan dibulatkan mungkin jadi lebih tinggi.


Oke kita coba dulu copy ke bawah nah lihat ya Secara angka di depannya sama semua ya 1818 26 26 nah tapi kalau misalkan teman-teman nggak mau lihat umur dalam satuan seperti ini kan ribet ya ngelihatnya ya ya udah tinggal kita ini aja kita bulatkan aja kita kurangi desimalnya mungkin kalau enggak nah seperti ini bisa dilihat ada beberapa baris atau beberapa sel yang berbeda ya Kenapa karena pembulatan.


Jadi kalau misalkan contoh dia umurnya 18 tahun 7 bulan mungkin dalam perhitungan yang cara ketiga ini dibulatkan jadi naik ke atas nah ini ini kan beda-beda ya ada orang yang cuma mau mengambil ya lu udah ulang tahun ke-18 Walaupun mungkin udah bulan depan ulang tahun yang ke-19 berarti umur tetap 18.


Nah maka bisa pakai cara pertama atau cara kedua atau kalau misalkan mau pakai yang cara ketiga dalam artian kalau udah mendekati ulang tahun berikutnya maka dibulatkan ulang tahun berikutnya maka teman-teman bisa pakai cara yang ketiga yaitu dengan rumus Yearfarc ya Jadi kalau gua tulis di sini kita pakai rumus yang beda-beda di sini kita pakai gear sama today ya year and today kalau di sini tadi kita pakainya adalah rumusnya deep deep ya di sini kita pakainya rumus biar frecks ini gua gedein sedikit 


Nah ya jadi Silahkan dipilih mana yang kira-kira paling tepat buat lo ya yang paling gampang. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "3 Cara Menghitung Umur atau Usia di Excel"