Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Persen di Excel


Jika dalam bahasa Inggris Persentase adalah percent serta menggunakan kiasan satuan %. Persentase ini ada peranan yang sungguh berguna sekali dalam prosedur pengelolaan data. Tanpa merombak semacam data ke persen, maka untuk prosedur guna memahaminya pasti lama.


Tetapi untungnya saat ini sudah ada struktur persen, membuat prosedur pengenalan serta prosedur memahami data lebih gampang. Tidak diherankan lagi jika peranan di dalam Excel guna menjumlah persentase ini sungguh berguna dan layak untuk dipelajari.


Dalam prosedur penjumlahan persentase itu, setidaknya tidak menginginkan sejumlah 2 fleksibel. Tanpa 2 fleksibel ini, sehingga penjumlahan tidak bakal dapat digeluti. fleksibel yang kesatu yakni poin yang bakal dicari persennya serta ke2 ialah poin pengimbang dari poin yang bakal dicari.


Rumus matematika sederhananya yakni %= (poin x : poin pengimbang x) X 100%. ilustrasi sederhananya memiliki 10 pertanyaan dengan respons tepat 8. Jadi perhitungannya yakni 8 : 10 x 100%. Jadi persentase kesalahannya yakni 20% dengan respons tepat sebesar 80%.


Di dalam Excel, diketahui memiliki 2 Rumus persentase ialah proporsi serta pergantian. kemudian pergantian dipecah lagi jadi dua ialah pertumbuhan serta penyusutan. selanjutnya ini metode mencongak persen di Excel yang dapat digeluti:


1. Persentase Proporsi




Harus diketahui persentase proporsi yakni pecahan yang poin pembilangnya bagian dari penyebut. poinnya ini yakni prosedur mencongak persen dari fleksibel dengan menyamakan bersama pengimbang.


sampelnya memiliki 200 murid terkini dengan 80 orang laki-laki serta 120 orang gadis. Berapa persen murid laki-laki serta berapa persen gadis kepada totalitas pendaftar?. metodenya yakni Proporsi= poin proporsi : pengimbang proporsi x 100%.


Teknik mengerjakannya di Excel semacam di dasar ini:



Memiliki sampel teknik memperkirakan persentase di karena, memiliki sejumlah 200 pelajar anyar dengan rincian 80 orang laki-laki serta 120 orang gadis. Jadi metode Excelnya yakni “=pontenproporsiyangdicari/pontenpembandingproporsi*100%”.


poin proporsi yang dicari persennya kesatu yakni 80 serta yang kedua ada 120. penyelaras proporsinya yakni totalitas pelajar adalah 200. maka didapati hasil 40% serta 60%.


2. Persentase Pergantian




Teknik selanjutnya ini yakni persentase yang guna memahami besaran sisa yang berlangsung antara nilai pangkal dengan nilai akhir. statistik kayak ini umumnya kerap ditemui dalam pencacahan besaran potongan harga alias bagian harga.


Harga materi pangkal dicari selisihnya dengan harga materi sehabis potongan harga serta hendak bertemu nilainya dalam persen %. teknik menghitungnya pula lumayan gampang. Lihatlah sampel di dasar ini:



pengimbang kesatu yaitu B2 yang yakni perolehan mula yang diperoleh. seterusnya terjalin perubahan p tampak B3 dengan harga yang sesuai. akibatnya hasilnya 0%. terus dari B3 ke B4 tampak tikai saldo Rp. 250.000 dipecah dengan pembandingnya alkisah hasilnya 50%.


Jadi dari bulan kini sering dikurangi dengan bulan sebelumnya serta dipecah dengan bulan sebelumnya itu jua. akibatnya diperoleh harga persen perubahan.


3. Perubahan Perkembangan




Persentase perubahan dipecah jadi 2. Untuk ini kita akan membahas teknik mencongak persentase perubahan kemajuan. Jadi ini tujuannya guna mendapati berapa persen peningkatan harga yang terjalin dibanding harga yang lama.


Konsepnya harga hangat kali ini dikurangi harga lama serta diperoleh tikai saldonya. metodenya % perubahan kemajuan= (harga kali ini : harga sebelumnya) x 100%.


metodenya nyaris sesuai kayak sebelumnya yakni “=(harga kini – harga terus)/ harga terus”. sampelnya data harga mula tampak di bagian C2, terus perubahan kemajuan ada pada C3 alkisah dituliskan metodenya “=(C3-C2)/C2”.


Perbedaannya data ini lebih diprioritaskan tengah condong dalam posisi kemajuan.


4. Perubahan Penurunan




Berbanding terlangkup dengan sebelumnya, persen perubahan penurunan ini dikenakan guna mendapati seberapa besar penurunannya dalam tatanan persen %. teknik mencongaknya yaitu kurangi harga yang lama dengan harga yang hangat.


Dalam Excel aturannya mampu dituliskan dengan “=(harga lama – harga baru)/nilai lama”.


Sebagian dari teknik mencari persen di Excel di menurut mampu diseleksi serupa dengan keperluan. Buat menghitung selisih mampu memanfaatkan Rumus perubahan yang gampang dikenakan. apabila cuma hitungan persen lumrah, mampu memanfaatkan Rumus proporsi.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Persen di Excel"