Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel dengan Gampang



Halo guys, di tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat tabel di Microsoft Excel. Untuk awal, kita akan belajar bagaimana membuat tabel.


Sebelumnya kalian harus tau mana baris dan mana kolom Yang ada angkanya itu adalah baris, jadi baris pertama, baris kedua, baris ketiga, baris kelima, dan seterusnya. Sedangkan yang huruf abjad adalah kolom, kolom A, kolom B, kolom C, kolom E, dan seterusnya.


Nah, kotak-kotak kecil yang ada di excel disebut dengan Cell Cell ini adalah Cell F5, yang artinya Cell pada kolom F, baris ke 5 Oke, singkatnya kita akan membuat tabel yang sama seperti yang dibawah ini.



Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel 

Pertama kita ketik dulu Nomor, kemudian Nama, Jenis Kelamin, ini cukup kita tulis L garis miring P saja, kemudian Nilai, nah, disini ada 4 mata pelajarannya, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA.



Nah, jangan khawatir kalau tulisannya melebihi sel yang tersedia, karena langkah kita dapat menyesuaikan lebar kolom Caranya dengan mengarahkan kursor di antara kolom-kolom ini.

Kemudian tahan klik dan geser sesuai kebutuhan Kita sesuaikan semua lebar kolomnya ya Kalau sudah, blok 2 sel nomor ini secara vertikal, karena akan kita satukan Caranya dengan memilih Merge and Center ini Lakukan hal yang sama pada kolom Nama, dan Jenis Kelamin. Untuk kolom Nilai ini juga sama, bedanya kita blok secara horizontal. 

Kemudian pilih Merge and Center Nah, disini kalau kita lihat posisi 3 sel ini perlu disesuaikan ke tengah secara vertikal Caranya kita blok dulu sel-sel ini, kemudian pilih Middle Align.



Nah, untuk mata pelajaran ini kita ke tengahkan dulu, dengan cara memilih Center Sekarang kita beri penomoran dulu pada kolom nomor ya Cukup tulis nomor 1 dan 2 saja, kemudian blok, tarik pojok kanan bawah ini ke bawah sampai nomor yang diperlukan Ini cukup kita buat 10 nomor saja.


Mengatur Border pada Tabel

Pertama kita blok semua tabel, kemudian pilih tanda panah border ini Ada banyak pilihan disini, misalnya kita pilih All Borders, hasilnya semuanya akan ada garis tepinya.



Sekarang kita blok bagian yang ini saja, kita ingin mengatur yang bagian bawahnya saja, kita atur border lagi, sekarang kita pilih Bottom Double Border, maka hasilnya seperti ini.


Kita coba blok lagi, sekarang kita pilih lagi yang Thick Bottom Border, maka bagian bawah akan tebal seperti ini Sekarang kita pilih Line Style, pilih model border yang kalian inginkan Misalnya yang agak tebal ini saja Kursornya sekarang terlihat seperti pensil sekarang, cara mengubah bordernya langsung klik saja border yang ingin diubah, atau bisa juga dengan cara langsung drag saja sekaligus.


Kalau kalian melakukan kesalahan, kalian bisa memilih Erase Border, kursornya akan berubah seperti penghapus, sekarang tinggal pilih border yang ingin dihapus kita drag saja supaya lebih cepat Kalian juga bisa memilih Undo atau tekan Ctrl+Z di keyboard untuk kembali ke langkah sebelumnya.


Bentuk kursornya ini masih penghapus ya, tekan Escape atau esc di keyboard untuk mengembalikan kursor. Ada cara lain untuk mengatur border tabel, pertama kalian blok dulu tabelnya, kemudian klik kanan, pilih Format Cells Pada jendela yang muncul, pilih tab Border.



Ini adalah pengaturan lengkap untuk Border Kita mulai dari warna dulu, yaitu pada Line Color, ini untuk mengubah warna Border, misalnya warna merah Tapi kita ubah ke hitam saja Kemudian Line Style, ini adalah model garis border yang bisa digunakan, misalnya kita pilih yang agak tebal ini 


Kemudian pada Preset misalnya kita pilih Outline, maka garis luar tabel akan berubah menjadi agak tebal Kalian juga bisa langsung mengubah tabelnya di bagian Border ini Misalnya garis vertikal ini kita ubah, tinggal kita klik saja, maka akan menjadi agak tebal Kalau kalian klik lagi maka garis tersebut akan terhapus Kita klik lagi supaya muncul garisnya ya Kita pilih OK, maka hasilnya seperti ini.


Sekarang kita akan menebalkan bagian ini Jadi kita blok di bagian sini saja, kemudian kita masuk ke Format Cells Kita pilih Stylenya agak tebal ini, kemudian kita klik border horizontal ini, OK Selesai.


Sekarang sudah jadi, tinggal nomor ini kalian tengahkan sendiri bisa kan? Sekarang kalian perhatikan bagian atas dan kiri tabel yang menempel pada baris dan kolom.


Tidak kelihatan kan bordernya sudah berubah atau belum Tapi tidak perlu khawatir, bordernya sudah ada Sebagai bukti, kalian bisa masuk ke File, kemudian pilih Print Disitu ada tampilan dokumen kalian sebelum dicetak Ini kita perbesar ya Nah, kelihatan bordernya sudah sesuai dengan yang kita atur tadi, jadi kalau mau ngeprint, kalian cek dulu disini bordernya sudah sesuai atau belum Oke.



Demikian tutorial bagaimana Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel Terima kasih sudah membaca artikel ini Jangan lupa share untuk mendukung blog ini Sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel dengan Gampang "