Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Alat Musik Tradisional dari Papua Barat

Alat Musik Tradisional dari Papua Barat
Inilah Alat Musik Tradisional dari Papua Barat

Peralatan Musik Tradisional Khas Papua Barat – Mendengar nama Papua/ Irian Jaya/ Papua Barat, tentu yang terlintas di benak Kamu merupakan gunung emas yang dimilikinya. Tetapi, tidak hanya mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah, Papua pula mempunyai kekayaan budaya serta kesenian yang hingga dikala ini masih dapat ditemui.


Terdapat sebagian budaya serta kesenian yang dipunyai oleh Papua yang banyak diketahui oleh warga luas sampai ke mancanegara. Kamu tentu tidak asing lagi dengan tari- tarian serta adat istiadat yang dipunyai oleh warga Papua.


Nah, umumnya tari- tarian serta adat istiadat Papua diiringi dengan musik yang dimainkan dari perlengkapan musik tradisional. Terdapat banyak perlengkapan musik Papua yang digunakan buat mengiringi bermacam berbagai upacara adat.


Sebab warga Papua sangat menjunjung besar aset nenek moyangnya, tidak heran bila bermacam berbagai perlengkapan musik Papua tersebut hingga dikala ini masih terdapat serta senantiasa dilestarikan. Kira- kira, apa saja perlengkapan musik dari Papua? Berikut ulasannya.


Yi

Di sebagian wilayah, Yi lebih diketahui dengan suling. Tetapi, wujud suling yang dipunyai oleh warga Papua tersebut berbeda dengan wujud suling dari wilayah lain. Yi digunakan oleh warga Papua selaku pengiring bermacam berbagai tari- tarian wilayah. Tidak cuma itu, Yi nyatanya pula digunakan buat mengumpulkan penduduk.


Triton

Perlengkapan musik Papua yang kedua terdapat Triton. Triton merupakan perlengkapan musik yang dibuat dari cangkang kerang. Nama dari perlengkapan musik tersebut berasal dari nama suatu pulau yang katanya mempunyai keelokan alam yang jauh lebih indah daripada Raja Ampat.


Perlengkapan musik yang dimainkan dengan metode ditiup tersebut nyatanya tidak terbuat semacam pada sebagian perlengkapan musik yang lain. Hendak namun, Kamu dapat menciptakan Triton dengan gampang di sebagian pesisir tepi laut semacam Kepulauan Raja Ampat, Wondama, Nabire, Waropen, Yapen serta Biak.


Tifa

Tifa ialah salah satu perlengkapan musik asal Papua yang banyak diketahui oleh warga luas. Perlengkapan musik tersebut dimainkan dengan metode dipukul. Tifa ialah perlengkapan musik tradisional yang mempunyai wujud nyaris mirip dengan gendang. Apalagi, metode buat memainkan perlengkapan musik yang satu ini juga nyaris sama.


Perlengkapan musik Papua ini terbuat dari sebongkah kayu yang dilubangi pada bagian dalamnya. Setelah itu, pada salah satu sisi Tifa ditutup dengan memakai kulit rusa yang telah dikeringkan. Perihal seperti itu yang nantinya hendak menciptakan suara yang indah.


Ada bermacam berbagai tipe Tifa yang dapat ditemui, ialah Tifa Bas, Tifa Jekir Potong, Tifa Potong, Tifa Bawah serta Tifa Jekir.


Krombi/ Kerombi

Krombi ataupun yang pula diucap dengan Kerombi, ialah perlengkapan musik Papua yang berasal dari Suku Tehit, Papua. Perlengkapan musik tersebut dibuat dari bambu serta biasa digunakan buat tarian pada upacara adat yang dicoba oleh warga dekat. Buat memainkan Krombi ini wajib memakai kayu kecil. Supaya dapat memunculkan suara serta irama yang di idamkan, Krombi dimainkan dengan metode dipukul.


Fuu

Selanjutnya terdapat Fuu yang ialah perlengkapan musik Papua yang dibuat dari kayu serta bambu. Fuu digunakan buat mengiringi sesuatu tarian tertentu. Tidak cuma itu saja, apalagi perlengkapan musik tradisional tersebut pula digunakan buat mengumpulkan sesuatu penduduk dari suku tertentu.


Fuu sampai saat ini masih digunakan oleh Suku Asmat, ialah suatu suku yang terdapat di pedalaman Papua, Kabupaten Merauke, Papua. Bisa dikatakan kalau wujud dari perlengkapan musik Fuu ini ialah perpaduan dari tabung serta suling. 

Posting Komentar untuk "Inilah Alat Musik Tradisional dari Papua Barat"