Macam - Macam Alat Musik Tradisional dari Palembang

Penduduk Palembang pesisir umumnya masih kental dengan budaya Melayunya, ditambah bercampur dengan para pendatang dari pulau Jawa yang kesimpulannya menetap di situ, buktinya kita masih dapat memandang sebagian perlengkapan musik yang mirip dengan wilayah lain di situ.


yang diselenggarakan dalam rangka memeringati Hari Jadi Kota Palembang, setelah itu terdapat pula event Bidar. perahu hias serta masih banyak yang lain.


Burdah
Burdah 


Burdah ataupun Gendang OKU

Burdah ataupun Gendang Oku merupakan perlengkapan musik sejenis gendang yang berdimensi besar dibuat dari kulit hewan serta kayu nangka.


Kata Oku berasal dari istilah perlengkapan musik warga Ogan Komering Ulu yang disingkat jadi“ OKU”. Seperti itu kenapa perlengkapan musik ini populer dengan istilah perlengkapan musik oku oleh warga.


Umumnya Burdah kerap dimainkan dalam kegiatan adat lokal selaku perlengkapan musik ritmis. Terlebih bila wilayah itu masih kental hendak adat daerahnya, umumnya gendang oku terdapat disitu. Burdah pula digunakan buat mengiringi gerakan pencak silat.


Metode memainkan perlengkapan musik ini nyatanya sangatlah gampang ialah lumayan dengan ditepuk bagian kulit membrannya dengan memakai telapak tangan.


Gambus Alat Musik dari Palembang
Gambus 


Gambus

Perlengkapan musik gambus ialah perlengkapan musik petik semacam mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Meski perlengkapan musik gambus ini bisa ditemui di sebagian wilayah di Indonesia, hendak namun wujud perlengkapan musik gambus dari Sumatera Selatan ini pasti saja mempunyai karakteristik khas


Gambus Palembang dibuat dari kayu dengan 6 dawai yang dimainkan dengan metode dipetik. Tidak hanya bisa berperan selaku perlengkapan musik melodis, gambus pula dapat berperan selaku perlengkapan musik harmonis.


Genggong

Genggong termaksud tipe perlengkapan musik khas bali, hendak namun perlengkapan musik ini bisa pula kita jumpai di provinsi sumatra selatan.


Genggong di palembang ataupun sumatra selatan ialah perlengkapan musik dari warga basemah yang ada di kota pagalam.


Perlengkapan ini dibuat dari kayu, logan serta pula bambu metode memainkanya dengan di tiup semacam kita memainkan perlengkapan musik harmonika.


Kenong Basemah

Perlengkapan musik tradisional ini memanglah kerap kita jumpai di ansambel gamelan Jawa. Kenong Basemah mempunyai wujud yang bagian tengahnya ada bundaran yang menonjol selaku tempat yang hendak dipukul.


Sedangkan, perlengkapan jam yang digunakan menyamai kayu dengan ujung yang dililitkan kain. Sehingga kala dipukul, kenong basemah hendak menciptakan suara yang indah tanpa mengganggu fisiknya. Perlengkapan musik ini pula berfungsi selaku penegas nada, semacam menekankan suatu lagu yang mempunyai lirik lagu yang bermakna dalam.


Tenun

Perlengkapan musik yang satu ini memanglah mempunyai nama yang berbeda serta sangat unik. Perlengkapan musik ini sesungguhnya merupakan perlengkapan musik yang banyak digunakan buat mengusir rasa bosan serta jadi perlengkapan penghibur untuk para perempuan yang lagi menenun kain, itu jugalah yang menimbulkan perlengkapan musik ini diucap dengan perlengkapan musik tenun. Metode memainkan perlengkapan musik ini merupakan dengan metode memukulkan kayu pada bagian tertentu yang menciptakan nada- nada berbeda.


Marawis

Marawis populer dibanyak wilayah dengan sebaran ummat Islam paling banyak di wilayah Sumatera Selatan. Perlengkapan musik ini banyak dimainkan buat mengiringi lagu yang bernuansa islam pada kegiatan– kegiatan keagamaan. Perlengkapan musik ini dibuat dari kayu serta kulit fauna dan tali.


Terbangan 

Terbangan ialah perlengkapan musik tradisional Sumatera Selatan yang dipakai dengan memakai metode dipukul. Terbangan merupakan tipe Reban yang terletak pada wilayah SumSel yang terdiri dari 4 tipe rebana ialah Hadrah serta satu buah bedug kecil yang mereka sebut jedur. Terbangan biasa dimainkan berbarengan dengan perlengkapan musik lain semacam Serunai serta Biola.


Demikianlah pembahasan mengenai Macam - Macam Alat Musik Tradisional dari Palembang yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita semua.