Inilah 4 Alat MusiK Tradisional dari Lampung

Lаmрung merupakan suatu provinsi раlіng ѕеlаtаn di Pulаu Sumаtеrа, Indоnеѕіа, Ibukotanya tеrlеtаk dі Bandar Lаmрung. Sеbеlаh utаrа bеrbаtаѕаn dengan Bеngkulu dаn Sumаtеrа Selatan. Sеbаgаіmаnаѕеbuаh dаеrаh, Lampung mеmіlіkі berbagai rаgаm tipe muѕіk, mulаі dаrі tipe trаdіѕіоnаl sampai mоdеrn( musik mоdеrnуаng mengadopsi kеbudауааn muѕіk global). Ada pula jеnіѕ muѕіk уаng mаѕіh bertahan sampai ѕеkаrаng аdаlаh Klаѕіk Lаmрung. Tipe muѕіkіnі bіаѕаnуа dііrіngі olehаlаt musik gаmbuѕ dаn gitarаkuѕtіk. Mungkіn tipe muѕіkіnі mеruраkаnреrраduаn budaya Islam dаn budayaаѕlііtu sendiri.


Gomolan alat musik dari lampung


Gomolan

Gamolan iyalah instrumen dari musik tradisional yang berasal Lampung,  dan diperkirakan sudah ada pada era Hindu ratusan tahun lalu. Instrumen itu dibuat menggunakan bambu yang tercantum pada klasifikasi instrumen musik yan berlempeng dan dimainkan menggunakan cara dipukul. Gamolan ialah refresentasi dari warga yang agraris, pertanian serta alam pegunungan jadi karakteristik utama bangsa pada masa dulu sekali yang jadi hajat serta kehidupan untuk kelangsungan anak cucu mereka.


Asal usul nenek moyang orang Lampung dipercaya berasal dari Sekala Brak ialah percampuran dari bangsa- bangsa India, Cina, Arab serta Eropa yang terintegrasi ke dalam warga Lampung yang menelurkan musik akulturasi. Riset ini bertujuan buat menanggapi kasus gimana wujud, guna, serta perkembangannya. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan etnomosikologi selaku pendekatan utama. Di samping itu pendekatan antropologi, serta sosiologi, selaku pendekatan pendukungnya. 


Teori yang digunakan pula disesuaikan dengan pokok kasus. Guna dari gamolan merupakan selaku fasilitas hiburan individu, fasilitas upacara adat, fasilitas komunikasi, fasilitas suara kebudayaan, fasilitas hiburan serta selaku fasilitas industri serta lain- lain. Pertumbuhan gamolan memiliki sebagian periode antara lain saat sebelum menemukan pengaruh data dari radio, tv serta jalur masih belum dibentuk dekat tahun 1960, masa tersebut merupakan era keemasan gamolan.


 Tetapi, sehabis itu kala data serta transformasi masuk ke wilayah ini hingga gamolan telah mulai ditinggalkan oleh warga Sekala Brak Lampung. Gamolan dapat digunakan selaku musik tunggal, ansambel, instrumentalia serta musik pengiring tari ataupun pengiring vokal yang tercipta kedalam pantun, semacam: hahiwang, bebandung, pepecuch, serta muayak. Lagu yang dipakai dibagi kedalam tipe tabuhan adat serta non adat.


Serdam alat musik dari lampung


Serdam

Salah satu perlengkapan musik tradisional asal Provinsi Lampung merupakan serdam. Perlengkapan musik yang seragam dengan seruling ini lumayan gampang buat digunakan serta bibuat. Tetapi apakah kamu telah memahami guna perlengkapan musik serdam Lampung secara lengkap?


Tiap wilayah pasti mempunyai perlengkapan musik tradisonal khas wilayah tersebut. Tidak hanya digunakan selaku perlengkapan musik, perlengkapan ini pula dapat jadi suatu kebanggaan ataupun ikon sesuatu wilayah. Misalkan Jawa Barat yang lekat dengan angklungnya serta wilayah Jawa yang populer dengan gamelannya.


Perlengkapan musik ialah suatu instrumen ataupun perlengkapan yang memanglah terencana terbuat tujuan menciptakan musik( suara). Yang kita tahu dikala ini ada 2 tipe perlengkapan musik ialah taradisonal( wilayah) serta pula modern.


kompang alat musik dari lampung


Kompang

Kompang yakni sejenis perlengkapan musik tradisional yang tercantum dalam jenis musik gendang. Kulit kompang umumnya dibuat dari kulit kambing. Perlengkapan musik ini berasal dari Arab, terdapat pula yang berkata kalau kompang berasal dari Parsi serta digunakan buat menyongsong kehadiran Rasulullah S. A. W. pada waktu itu.


Kompang terdiri dari bermacam dimensi. Terdapat yang berdimensi garis pusat selama 22. 5 centimeter, 25 centimeter, 27. 5 centimeter serta terdapat pula yang menggapai 35 centimeter. Kompang dimainkan secara beregu dalam kondisi duduk, berdiri ataupun berjalan.


Kompang dimainkan dengan memakai kedua belah tangan. Sebelah tangan memegang kompang, serta sebelah tangan lagi memukul kompang. Ada 3 rentak dalam game kompang, ialah rentak biasa, rentak kencet, serta rentak sepulih. Rentak yang biasa dimainkan yakni rentak biasa. Rentak kencet yakni rentak di tengah- tengah pukulan, setelah itu seolah- olah terhenti mendadak. Sebaliknya rentak sepulih dimainkan buat kembali pada rentak lagu awal.


gambus lunik alat musik dari lampung


Gambus Lunik

Gambus Lunik ataupun yang biasa diucap Gambung Lampung merupakan perlengkapan musik tradisional yang dimainkan selaku media komunikasi di warga Lampung pada biasanya, paling utama pada anak muda- mudi. Tidak hanya itu, Gambung Lunik pula berperan selaku media dakwah Islam, Gawi Adat, upacara ritual, sampai media hiburan.


Bersamaan berkembangnya era, pergantian dalam dawai Gambus Lunik nyatanya antara lain senar yang dibuat dari bahan serat nanas, benang, kawat serta nylon. Sedangkan pada bagian tubuh Gambus Lunik dibuat dari kulit hewan kambing ataupun rusa, gambung Lunik dimainkan dengan metode di petik.


Nah itulah 4 Alat MusiK Tradisional dari Lampung yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Sekian dari saya diucapkan terimakasih telah berkunjung di sini. Jika ada saran atau pertanyaan silakan kamu ketikan pada kolom komentar yang tersedia.