Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alat Musik Tradisonal dari Bengkulu

Alat Musik Tradisonal dari Bengkulu


Perlengkapan musik tradisional Bengkulu, foto, penjelasannya( penjelasan) serta Cara memainkannya di informasikan lengkap pada tulisan ini. Semacam halnya wilayah yang lain, Bengkulu pula memiliki sebagian perlengkapan musik era dahulu yang butuh Kamu tahu. Seni serta hiburan merupakan suatu kebutuhan warga Bengkulu dari dahulu hingga saat ini serta masih banyak diketahui sejarahnya.


Dalam bermacam kegiatan acara adat wilayah Bengkulu serta perkawinan antara laki- laki serta perempuan warga setempat mengenakan perlengkapan musik yang ialah karakteristik khas. Uraian serta Cara memainkan perlengkapan musk tradisional dari Bengkulu masih dapat dipelajari oleh siapa saja. Terlebih dikala ini, banyak media selaku referensi menekuni perlengkapan musik, dapat lewat internet ataupun mengundang guru kesenian tiba kerumah.


Pertanyaannya, apakah masih terdapat orang era saat ini yang ingin belajar perlengkapan musik tradisional? Bukankah dikala ini telah banyak perlengkapan musik modern yang kayaknya lebih menarik serta menggoda?


Dapat jadi jumlah orang yang suka dengan perlengkapan musik tradisional Indonesia kian sedikit, tetapi ditentukan masih terdapat. Sepanjang masih terdapat yang orang yang mengenalkan terus budaya Indonesia, hingga sepanjang itu pula eksistensi perlengkapan musik dari bermacam wilayah di Indonesia hendak terus terdapat, tercantum perlengkapan musik tradisional Bengkulu.


Apa saja perlengkapan musik tradisional Bengkulu?

Bila kita ingin giat melaksanakan pencarian, hingga hendak banyak ditemui perlengkapan musik dari wilayah Bengkulu. Terlebih dikala ini dengan terdapatnya media internet membuat seluruh orang gampang menciptakan apa yang dicarinya.


alat musik Serunai dari bengkulu


1. Serunai

Serunai, ataupun pula dinamakan puput serunai, merupakan nama perlengkapan musik tiup yang diketahui di Indonesia buat perlengkapan musik tradisional warga Minang. Anggota unik dari serunai merupakan ujungnya yang tumbuh, berperan buat memperbesar volume suara.


Asal mula serunai ataupun puput serunai diperkirakan tiba dari nama shehnai, perlengkapan musik yang berasal dari Lembah Kashmir di dataran India Utara. Perlengkapan musik shehnai diprediksi ialah pertumbuhan dari perlengkapan musik pungi yang dipakai dalam musik para pemikat ular tradisional India.


alat musik Akordion dari bengkulu


2. Akordion

Akordion merupakan perlengkapan musik sejenis organ berupa kecil, yang diciptakan tahun 1822 oleh Christian Fried dari Jerman, serta dipantenkan tahun 1829 oleh Cyrill Demian. Di Perancis perlengkapan musik akordion diketahui tahun 1800- an bersamaan dengan kehadiran para imigran dari Italia, sebaliknya Inggris dekat tahun 1831. Lama- lama perlengkapan musik akordion ini mendunia sampai jadi salah satu instrumen pengiring lagu- lagu Melayu di Indonesia, paling utama Riau, serta sebagian negara serumpun di Asia Tenggara.


Terdapat sebagian tipe akordion, ialah akordion bercorak, akordion concertinas, akordion diantonis, serta akordion piano. Di antara keempatnya, akordion diantonis merupakan yang sangat populer sebab memiliki rentang nada treble( besar) terluas sehingga kerap digunakan buat memainkan bermacam tipe musik, dari klasik, jazz sampai kontemporer. Kedatangan akordion dalam khasanah budaya Melayu masa itu menjadikan musik Melayu terasa lebih hidup serta bercorak. Akordion setelah itu jadi instrumen berarti dalam musik Melayu serta ialah kunci dalam meramu melodi bersama dengan biola. 


Pada awal mulanya musik Melayu cuma terdiri dari perlengkapan musik ritmik( tepukan tangan ataupun rebana) serta vokal( senandung) saja, dan cuma ditampilkan selaku pengiring dalam upacara ritual( animisme) semacam ritual mengusir‘ puako’, tolak bala, ataupun memanggil ikan. Sehabis masuk perlengkapan musik tiup semacam sarune serta seruling, dan perlengkapan musik gesek semacam rebab, ditambah gong, gendang ronggeng serta ceracap, barulah terdapat pertumbuhan dalam seni musik Melayu.


alat musik Kolintang dari bengkulu


3. Kulintang

Kolintang merupakan perlengkapan musik jam tradisional minahasa dari Sulawesi utara, Indonesia yang terdiri dari bilah- bilah kayu yang disusun berderet serta dipasang di atas suatu bak kayu. Kolintang umumnya dimainkan secara ansambel. Kolintang dalam warga minahasa digunakan buat mengiringi upacara adat, tari, menyanyi, serta bermusik. Kayu yang dipakai buat membuat Kolintang merupakan kayu lokal yang ringan tetapi kokoh semacam kayu Telur( Alstonia sp), kayu Wenuang( Octomeles Sumatrana Miq), kayu Cempaka( Elmerrillia Tsiampaca), kayu Waru( Hibiscus Tiliaceus), serta sejenisnya yang memiliki konstruksi serat paralel.


Pada tahun 2013, Perlengkapan musik kolintang dari suku minahasa, Sulawesi utara diakui selaku peninggalan budaya tidak barang Indonesia oleh kementrian Pembelajaran serta kebudayaan Indonesia.


Kata“ kolintang” berasal dari bunyi“ tong” buat nada rendah,“ ting” buat nada besar, serta“ tang” buat nada tengah. Dulu, orang Minahasa umumnya mengajak bermain kolintang dengan berkata“ Ayo kita ber- tong- ting- tang” ataupun dalam bahasa wilayah Minahasa“ Maimo Kumolintang”. Dari Kerutinan seperti itu timbul sebutan“ kolintang”.


alat musik Dol dari bengkulu


4. Dol

Perlengkapan musik dol ialah bedug tradisional yang berasal dari Provinsi Bengkulu, Indonesia. Dol tercantum dalam perlengkapan musik jenis membranofon. Perlengkapan musik dol umumnya dimainkan oleh laki- laki serta terbuat dengan memakai bonggol dari tumbuhan kelapa. Dalam pembuatannya, bonggol tumbuhan kelapa tersebut dilubangi tengahnya serta ditutupi dengan kulit lembu ataupun kulit kambing selaku selaput penghasil bunyi.


Dol mempunyai dimensi diameter 70–125 centimeter dengan besar 75–100 centimeter. Dol senantiasa dimainkan dalam perayaan tabot di Bengkulu.  Dol pula kerap digunakan selaku musik pengiring dalam tari- tarian tradisional di Bengkulu.


Perlengkapan musik dol mempunyai 3 berbagai Cara penabuhan, ialah Cara suwena, Cara tamatam, serta Cara suwari. Ketiga tipe Cara dimainkan bersumber pada suasana serta keadaan dimana dol dimainkan. Cara suwena biasanya dimainkan dengan tempo yang lama- lama. Cara suwena umumnya dimainkan pada atmosfer dukacita.


Cara tamatam dimainkan dengan atmosfer gembira. Pada Cara tamatam dol hendak dipukul dengan tempo kilat serta meriah. Cara penabuhan terakhir merupakan Cara suwari, Cara suwari dimainkan dengan tabuhan satu- satu serta dimainkan dikala mengiringi parade. Dalam pementasan perlengkapan musik dol umumnya hendak dimainkan bersama perlengkapan musik yang lain seperi tassa. Tassa merupakan rebana yang dimainkan dengan Cara dipukul memakai kayu rotan.


Posting Komentar untuk "4 Alat Musik Tradisonal dari Bengkulu"