Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah Cara Merakit Komputer Multimedia


Suatu hari anda mungkin pernah ngobrol-ngrobrol bersama teman anda mengenai komputer. Kemudian secara tidak sengaja ada yang bertanya “Apa spesifikasi komputermu Bro?”
Dikesempatan lain diskusi tentang gadget atau hand phone, ternyata ada pertanyaan yang sama.
Nah, apa yang dimaksud dengan spesifikasi ?
Spesifikasi adalah perincian mendetail secara teknis atau karakteristik secara umum yang dipunyai oleh suatu perangkat.

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti:
#1. proses, cara, atau perbuatan melakukan pemilihan (perincian)
#2. perincian (tentang rencana, proposal, dan sebagainya)
#3. pernyataan tentang hal-hal yang khusus (dalam perjanjian dan sebagainya)
Sehingga kalau dikaitkan dengan benda atau barang adalah, perincian secara mendetail mengenai  barang tersebut termasuk berbagai komponen internal yang terintegrasi dan fitur dari perangkat tersebut.
Spesifikasi komputer adalah perincian tentang gambaran komputer dan segala sesuatu yang melekat kepadanya. Seperti tipe prosessor, besarnya Ram, mainboard, besarnya harddisk dan sebagainya.
Dengan diketahuinya spesifiksi komputer tersebut, maka akan diketahui pula berapa besar kekuatan dan kemampuan sebuah komputer.
Begitu  juga mengenai harga, spesifikasi menentukan besar kecilnya harga sebuah komputer. Makin tinggi spesifikasi komputer, sudah tentunya harganya lebih tinggi.
Berkaitan dengan suatu kebutuhan pengguna, sebuah komputer dapat dimaksimalkan penggunaannya.
Jadi, hal pertama yang harus diperhatikan jika anda memutuskan untuk membeli komputer adalah mengetahui seperti apa spesifikasinya. Untuk tujuan apa komputer digunakan, kualitas seperti apa yang di inginkan, sehingga dapat diketahui berapa anggaran yang harus anda siapkan.
Secara garis besar menurut kebutuhan, komputer dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
#1. Komputer untuk kebutuhan perkantoran.
#2. Komputer untuk kebutuhan multimedia.
#3. Komputer untuk kebutuhan game.
Jadi apabila anda berkeinginan membeli atau merakit komputer sendiri, maka terlebih dahulu anda mengetahui akan digunakan untuk pekerjaan apa komputer nantinya. Untuk pekerjaan perkantorankah, desain grafiskah, teknik, kebutuhan multimedia atau komputer tersebut untuk game misalnya.
Jika anda sudah mengetahui tujuan untuk pekerjaan apa komputer dirakit, maka anda bisa menentukan seperti apa spesifikasi komputer tersebut.
Setelah memahami kebutuhan seperti apa komputer akan digunakan, maka langkah selanjutnya adalah membuat daftar perangkat apa saja yang harus dipersiapkan.
Perkembangan teknologi komputer begitu sangat pesat. Salah satunya adalah komputer multi media. Multi media sebagai salah satu bagian dari teknologi komputer, juga ikut mengalami kemajuan yang amat mencengangkan.
Sesuatu yang sebelumnya tidak mungkin, bisa jadi mungkin karena kemajuannya.  Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk bisa memaksimalkan hasil.
Multimedia adalah salah satu bidang pekerjaan yang memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi. Dengan tingginya spek komputer, maka akan memudahkan penggunanya dalam mengeksplor karya.
Beberapa produk spektakuler mampu dihasilkan dengan komputer yang mempunyai spesifikasi multi media, diantaranya adalah desain mobil, desain rumah, film animasi, dan masih banyak lagi.
Nah, jika anda akan merakit komputer untuk keperluan multimedia, maka anda harus membeli atau mempersiapkan komponen hardware komputer yang cocok dan sesuai untuk keperluan multimedia.

Berikut  adalah contoh spesifikasi komputer yang cocok untuk keperluan  multimedia

#1. Memilih processordalam merakit komputer multi media

Bisa dikatakan processor adalah otak dari sebuah komputer. Dari sinilah semua sistem operasi komputer diinstruksikan untuk bekerja, tentunya dengan bantuan berbagai macam komponen-komponen pendukung lainnya.
Processor yang beredar dipasaran pada umumnya ada 2 jenis yaitu processor Intel dan processor AMD. Dari kedua jenis processor ini mempunyai kualitas yang boleh dikatakan sama, yang mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun soal harga, processor Intel mempunyai harga lebih tinggi dari pada processor AMD. Anda bisa memilih satu diantara 2 processor tersebut sesuai dengan selera dan dana yang tersedia.

# - processor Intel
INTEL Processor Pentium [G620]
Dual Core, 2,6 GHz, 5 GT/s DMI, 3MB Intel Smart Cache, Socket LGA1155
INTEL Processor Pentium [G840]
Dual Core, 2,8 GHz, 5 GT/s DMI, 3MB Intel Smart Cache, Socket LGA1155
# - processor AMD
AMD Processor Athlon [X2 7550]
Dual Core, 2.5GHz, 2MB Cache, Socket AM2+ (Tray)
AMD Llano [A4-3300] – X2
Dual Core, 2500MHz, 2 cores, 1MB L2 Chace, Socket AMD FM1

# 2. Memilih Motherboard dalam merakit komputer multi media

Motherboard atau mainboard adalah papan utama pada komputer. Papan ini merupakan tempat dimana terdapat komponen-komponen seperti processor, RAM, BIOS dan chip lain seperti chip controller yang merupakan chip mengatur lalu lintas data pada sistem motherboard pada komputer.

Mainboard merupakan bagian yang paling penting karena berisikan system BIOS ( Basic input output system ), disamping terdapat socket processor, ada pula slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.

Komponen-komponen pada mainboard akan saling terkoneksi dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur yang terdapat di dalamnya. Sehingga semua komponen yang terkoneksi akan menjadi sebuah system komputer yang utuh.
Dalam merakit komputer, kalau processor yang kita gunakan Intel, maka MainBoardnya juga harus intel, jenis socket pada mb intel

 MB Intel socket LGA1155
 MB Intel Socket LGA1156
 MB Intel Socket LGA1366
 MB Intel Socket LGA775

Sedangkan contoh mainboard untuk merakit komputer AMD adalah :
 MB AMD Socket BGA FT1
 MB AMD Socket AM2/AM2+
 MB AMD Socket AM3/AM3+
 MB AMD Socket FM1
Dalam memilih mainboard, kita sesuaikan dengan processor yang akan anda gunakan, dalam hal ini adalah penyesuaian soket mainboard dengan kaki-kaki atau pin processor.

#3. Memilih Ram dalam merakit komputer multi media

RAM (Random Acces Memory) berguna sebagai penyimpan berbagai data dan intruksi program pada komputer. RAM adalah salah satu media penyimpan, namun penyimpanannya bersifat sementara (unvolatile), artinya data yang tersimpan pada RAM akan hilang apabila komputer sudah tidak dialiri arus listrik atau dalam keadaan off.
Ram merupakan media penyimpan Internal yang mendukung kinerja Processor dalam mengolah data dan intruksi.
Bagaimana cara RAM bekerja? Sebelum program dijalankan, maka komputer akan mengambil data pada  harddisk, dari sini file disimpan pada RAM. Kalau RAM besar maka seluruh file bisa diambil seluruhnya dan langsung dijalankan. Sedangkan bila RAM kecil, maka file pada harddisk akan diambil sedikit-demi sedikit kemudian dijalankan. Setelah itu ambil lagi sisa file yang belum terambil pada harddisk baru dijalankan lagi.
Nah disinilah kita bisa mengetahui bahwa RAM yang berkapasitas besar mampu menampung file besar dan bisa langsung diproses oleh komputer, sehingga waktu yang  dibutuhkan relative singkat. Begitu sebaliknya, jika RAM kecil, maka pekerjaan akan relative lama.
Jenis RAM ada beberapa macam, yaitu DDR, DDR2 serta DDR3, sehingga apabila anda akan menggunakannya, perlu diperhatikan slot yang terdapat pada mainboard. Karena ketiga jenis RAM tersebut mempunyai slot yang berbeda.
Sedangkan ukuran RAM juga berbeda, sesuai dengan besarnya kapasitas penyimpanannya. Kalau ukuran RAM sekarang yang masih beredar di pasaran berkisar 1 Mb sampai dengan 8Mb.
Untuk spesifikasi Komputer multi media, anda bisa memasang minimal RAM 4 Mb keatas. Karena aplikasi dan program multimedia relatif besar.

#4. Memilih HARDISK dalam merakit komputer multi media

Harddisk juga merupakan media penyimpan pada komputer. Berbeda dengan RAM, harddisk merupakan media penyimpan tetap (volatile). Artinya data-data yang tersimpan dalam harddisk tidak hilang walaupun anda mematikan komputer. Di situlah tersimpan sistem operasi, program aplikasi serta data dan informasi disimpan.

Pada harddisk bisa dibagi-bagi ibarat ruang-ruang guna mengelompokkan data berdasarkan fungsi atau jenis data, atau apa saja sesuai keinginan anda. Pengelompokan ini bertujuan supaya anda lebih mudah dalam mencari data yang telah disimpan. Ruangan-ruangan itu disebut sebagai direktori atau folder.
Ada dua jenis harddisk yang kita kenal

#a. Harddisk SATA.
Harddisk ini dulu digemari oleh para pelaku multimedia, karena proses penyimpanannya cukup cepat dan jarang terjadi delay.

#b. Harddisk SSD.
Hardisk jenis terbaru dan ternyata cara kerjanya jauh lebih cepat dari SATA meskipun ukuran hardisk lebih kecil namun solid.
Adapun kapasitas hardisk diberi satuan byte, dari yang terkecil 1 byte, 1 kilo byte, 1 mega byte, 1 giga byte sampai 1 terra byte. Sedangkan harddisk yang beredar di pasaran sekarang di atas 300 Giga byte, yang umumnya sudah memenuhi syarat untuk keperluan merakit komputer multi media.

#5. Memilih Kartu Grafis dalam merakit komputer multi media

Kartu grafis atau VGA (Video Graphic Accelerator) merupakan pengolah sinyal digital menjadi tampilan grafis pada pada layar monitor.
Peredaran kartu grafis di pasaran, seperti halnya prosesor, ada dua produsen kartu grafis yang memproduksi komponen ini yaitu ATI dan nVidia.
Keduanya juga sama bagusnya dan mempunyai kelemahan serta kelebihan masing-masing yang tidak bisa dibandingkan secara sepihak.
Komputer multimedia mutlak harus memasang VGA card. Anda tahu fungsiVGA card adalah sebagai pengolah data digital menjadi grafis ke layar monitor sebagai gambar.
Karena multimedia tidak lepas dari gambar-gambar dan video, jadi keberadaan VGAcard sangat perlu, dan spesifikasi VGA card mempengaruhi hasil resolusi gambar.

Ada 6 bagian VGA card terpenting yang perluanda ketahui :
#1. Grapich Prossecing Unit atau sering disingkat GPU.
Fungsidari GPU adalah untuk mengolah data menjadi titik-titik warna yang jumlahnya sangat banyak. Dari kumpulan titik-titik berwarna tadi menyatu menjadi satu kesatuan gambar yang sempurna. Itulah proses terbentuknya sebuah gambar pada layar monitor.
Jumlah pixel dalam satu frame adalah 24 titik,
#2.   Analog Converter, adalah sebuah komponen yang berfungsi mengubah data digital menjadi sinyal analog, sehingga bisa terbaca oleh layar monitor.
#3. Video Memory. Memori pada VGA yang fungsinya sebagai penyimanan data sementara.Sama seperti RAM fungsinya.
#4. Bus Interface, adalah slot yang menghubungkan VGA card dan motherboard
#5. Fan, atau kipas angin yang berfungsi sebagai pendingin VGA card. Ini diperlukan karena VGA card bekerja sangat berat sehingga membuatnya cepat panas.
#6. Display Interface merupakan slot atau saluran yang berfungsi untuk menghubungkan VGA dengan monitor. Ada tiga macam slot yang beredar di pasaran yaitu slot HDMI, slot VGA dan slot DVI.

Kartu grafis atau VGA untuk keperluan multi media memang agak tinggi juga. Nvidia Geforce GTX 1050 Ti, merupakan salah satu VGA card yang terbaik dan harga terjangkau.
VGA card merupakan bagian komputer di dalam CPU yang berperan menampilkan gambar. Semakin tinggi resolusinya, maka tampilan ke monitor semakin halus. Untuk keperluan multi media, Geforce GTX 1050 Ti sudah memenuhi syarat untuk itu.
VGA card berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau VGA on board biasanya kurang memuaskan untuk keperluan multi media.

#6. Casing dan Power suplay

Casing merupakan alat yang berbentuk segi empat yang berfungsi sebagai tempat melekatnya motherboard dan perangkatnya. Casing juga bisa berfungsi sebagai pelindungkomponen komputer secara keseluruhan.
Komponen-komponen komputer yang disimpan dalam casing satu dengan lainnya terhubung oleh kabel-kabel kecil harus terlindung dan dikemas secara rapi, agar terhindar dari hubungan pendek listrik.
Dengan demikian Casing harus didesain kuat, sehingga apabila terjadi hentakan atau benturan yang mungkin tidak disengaja, semua komponen komputer tetap dalam keadaan terlindungi
Saya merekomendasikan Corsair Carbide 500R Blackuntuk melindungi komputer multi media anda. Karena casing tersebut cukup tangguh untuk membuat bagian dalam komputer tetap aman.
Power suplay adalah alat yang berfungsi sebagai penyuplai arus listrik pada komputer. Dengan rangkaian tertentu alat ini merubah arus AC menjadi DC.
Salah satu power supply yang bisa anda dapatkan secara mudah di  pasaran adalah Corsair RM Series 1000W.
Power sulpy jenisini bisa anda pilihan untuk memenuhi kebutuhan listrik komputer multimedia. Jenis ini terbukti cukup stabildalam merubah arus listrik menjadi DC, sehingga akan membuat komputer menjadi lebih awet.

Beberapa komponen yang disebutkan di atas adalah komponen yang sudah memenuhi syarat untuk anda yang mau merakit komputer multimedia. Dijamin saat anda bekerja  tidak terkendala, karena semua sistem sudah berjalan secara maksimal.
Akhirnya ,  semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang berencana merakit komputer multi media.
Berikut ada video yang mungkin bisa membantu memahami.


Posting Komentar untuk "Mudah Cara Merakit Komputer Multimedia"