Review dompet cryptocurrency Exodus



Exodus adalah dompet multi-mata uang yang mendukung lebih dari seratus cryptocurrency. Dompet crypto awalnya hanya tersedia di desktop, tetapi sekarang juga tersedia untuk platform seluler iOS dan Android juga. 


Exodus membedakan dirinya dari dompet lain dengan fokus desain pada orang-orang yang tidak pernah mencoba-coba cryptocurrency. Ini memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan pengembangnya menghabiskan banyak waktu dan upaya memoles UI untuk membuatnya lebih intuitif. 


Salah satu fitur Exodus yang paling populer adalah dukungan untuk berbagai altcoin yang berbeda, serta Bitcoin. Anda juga dapat menggunakan dompet untuk menukar satu cryptocurrency dengan yang lain tanpa bentuk pendaftaran apa pun.


Ingat, bagaimanapun, bahwa Exodus adalah dompet ringan yang menggunakan Verifikasi Pembayaran Sederhana, yang berarti tidak mengunduh blockchain lengkap dan sebaliknya menggunakan serangkaian server untuk melacak saldo dompet. 


Antarmuka dan kemudahan penggunaan

Exodus adalah aplikasi lintas platform yang tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux. Karena tidak memerlukan pendaftaran, Anda cukup mengunduh aplikasi dan menginstalnya untuk memulai.


Perhatikan, bagaimanapun, bahwa sementara pengembangnya mempertahankan bahwa mereka mengambil semua langkah untuk memastikan bahwa aplikasi aman, itu tidak termasuk dukungan otentikasi dua faktor, dan hanya bergantung pada kata sandi.


Juga, tidak seperti beberapa rekan-rekannya, Exodus juga tidak menerapkan mekanisme otentikasi yang relatif baru yang dikenal sebagai alamat multi-tanda tangan, yang meminta izin dari beberapa perangkat sebelum memulai transfer apa pun. 


Setelah Anda berada di dalam aplikasi, antarmuka mengundang dan cukup intuitif. Ini adalah prestasi yang cukup karena aplikasi ini dirancang untuk menawarkan pertukaran crypto dan layanan manajemen portofolio, dan Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan, mengelola, dan memperdagangkan cryptocurrency dari satu antarmuka.

Aplikasi ini memiliki beberapa ikon di bagian atas antarmuka yang dapat Anda gunakan untuk menavigasi melalui berbagai fungsinya. Misalnya, ikon Portofolio memberi Anda gambaran umum tentang cryptocurrency Anda bersama dengan informasi yang relevan seperti pergerakan harga dalam kerangka waktu yang berbeda untuk aset yang berbeda. Lalu ada bagian Wallet dari mana Anda dapat mengirim dan menerima salah satu cryptocurrency yang didukung, baik dengan memindai kode QR atau dengan menggunakan alamat dompet. Tab Exchange memungkinkan Anda untuk berdagang di antara cryptocurrency.


Tambahan yang cukup baru adalah penggunaan aplikasi. Anda dapat menganggapnya sebagai plugin yang menambahkan lebih banyak fungsi ke dompet, seperti kemampuan untuk mendapatkan minat pada cryptocurrency Anda.


Mentransfer dana

Secara default, dompet Exodus kosong tidak terkunci. Namun, proses pengamanan itu dimulai secara otomatis setelah Anda melakukan deposit di dompet.


Untuk menerima crypto, beralih ke tab Wallet, lalu pilih terlebih dahulu cryptocurrency yang ingin Anda terima. Anda juga dapat melihat grafik harga crypto yang dipilih di halaman ini, jika Anda tertarik, yang lain cukup klik dan salin alamat terima untuk dompet Anda. Anda juga dapat mengirim email alamat ini dan bahkan mengambil tangkapan layar dari kode QR, yang kemudian dapat dipindai oleh pengirim dari perangkat mereka.


Segera setelah Anda menerima setoran pertama, Exodus akan meminta Anda untuk melindungi dompet Anda dengan kata sandi. Aplikasi, melalui dokumentasi dan videonya, menyarankan untuk menggunakan aplikasi pengelola kata sandi untuk tujuan ini, yang kami yakini sebagai saran yang sangat bijaksana. Exodus juga akan menampilkan frasa 12 kata yang akan membantu Anda memulihkan kata sandi Anda. Sekali lagi para pengembang menyarankan untuk menuliskan frasa ini di selembar kertas untuk penyimpanan offline daripada di komputer Anda.


Proses untuk mengirim cryptocurrency dari dompet Exodus Anda juga cukup intuitif. Cukup klik tombol kirim dan masukkan alamat dompet publik yang ingin Anda transfer crypto. Atau Anda juga dapat mengarahkan kursor ke opsi kode QR untuk memindai kode QR penerima dari webcam atau baik dari layar Anda.


Dengan cara yang sama, Anda dapat dengan mudah menukar cryptocurrency Anda. Cukup buka bagian Exchange dan gunakan menu pull-down Exchange and Receive untuk memilih cryptocurrency yang ingin Anda tukarkan. 


Dukung

Dalam kedua jenis transaksi, Exodus akan menampilkan informasi yang relevan untuk transparansi maksimum. Misalnya, saat mengirim dan menerima crypto, dompet akan menampilkan biaya yang akan dikenakan untuk transfer di bagian bawah layar. Demikian pula, ini akan menampilkan nilai crypto yang akan didebit dari dompet Anda dan jumlah crypto yang akan ditambahkan ketika Anda bertukar antara dua cryptocurrency. Exodus menerima biaya setiap kali Anda menggunakannya untuk bertukar antara cryptocurrency. 


Exodus berbagi rincian lebih lanjut tentang biaya di bagian dukungannya yang luas. Bagian ini memiliki banyak artikel yang dikategorikan dengan baik ke dalam bagian yang relevan, seperti Memulai, Membeli Crypto, Pertukaran, dan banyak lagi. Ada juga bilah pencarian untuk membantu Anda menemukan informasi dengan cepat. 


Jika pertanyaan Anda tidak dijawab, Anda juga memiliki opsi untuk mengirim pesan ke tim dukungan. Penting untuk dicatat bahwa Exodus tidak memberikan dukungan telepon, jadi jika Anda menemukan nomor yang diposting online, itu pasti diposting oleh scammer.


Alternatif

Exodus adalah dompet perangkat lunak dan dompet panas untuk sebagian besar pengguna yang terhubung ke internet. Ini, dengan sendirinya, membuatnya kurang aman daripada dompet perangkat keras seperti Trezor. 


Bahkan, kami percaya pengembang dompet harus mengurangi beberapa ketentuan keamanan yang dapat Anda temukan dengan rekan-rekannya, agar tidak merusak kegunaan Exodus. Misalnya, Exodus tidak mendukung otentikasi dua faktor, yang merupakan standar pada banyak rekan-rekannya seperti Electrum dan Wasabi. 


Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa, meskipun Exodus dibangun di atas banyak komponen open source, dompet itu sendiri bukan open source. Jadi Anda harus bergantung pada pengembang Exodus untuk memastikan aplikasi aman dan Anda tidak mendapatkan opsi untuk memindai kode seperti yang Anda bisa dengan Mycelium, misalnya.


Kesimpulan

Exodus adalah pilihan yang baik, terutama bagi mereka yang baru memulai dengan cryptocurrency. Dompet, dengan desain yang mengundang dan antarmuka intuitif, adalah pilihan yang baik untuk mengelola dan bertukar sejumlah kecil cryptocurrency tanpa masuk ke seluk-beluk proses.


Kami tidak akan menyarankannya untuk pengguna cryptocurrency tingkat lanjut, terutama karena kemampuan untuk menetapkan biaya khusus saat ini hanya terbatas pada Bitcoin. Kami juga telah menghukum dompet karena memprioritaskan pengalaman pengguna daripada keamanan di beberapa tempat. Dan sementara itu adalah hal yang baik aplikasi akan diperbarui setiap dua minggu, fakta bahwa itu tidak sepenuhnya open source akan membuat beberapa orang pergi.


Namun, dalam semua keadilan, Exodus tidak bertujuan untuk menyenangkan semua jenis pengguna. Ini dirancang untuk menarik pemula dan pengguna yang tidak keberatan membayar kenyamanan perdagangan dan pertukaran cryptocurrency, dengan cepat dan tanpa kerumitan.